Breaking News!

Hindari Konstelasai Politik, GBI Tunda Sidang Sinode

?

Jakarta, majalahspektrum.com – Guna menghindari konstelasi politik 2018-2019, sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI) menunda pagelaran siding sinodenya hingga usai perhelatan tahun politik. Hal itu diputuskan dalam rapat bersama antara Badan Pengurus Harian (BPH) pusat sinode GBI dengan BPD se-Indonesia dan Majelis Pertimbangan (MP) GBI di Grha Bethel, Jalan Jend.Ahmad Yani, Jakarta Pusat, Selasa (18/9/2018) malam.

Menurut Ketua Umum BPH GBI, Pdt, Dr, Japarlin Marbun, S.Th, sidang sinode GBI yang seyogyanya digelar pada Tanggal 23 hingga 28 Oktober 2018 di Sentul International Convention Centre (SICC) diundur pelaksanaanya menjadi Tanggal, 28-31 Agustus 2019.

“Karena tanggal pelaksanaan sidang sinode (23-28 Oktober 2018) sebelumnya sudah masuk tanggal konstelasi politik. Kita menghindari ini agar sidang sinode tidak terganggu dengan urusan politik,” kata Japarlin di hadapan wartawan dalam konferensi Persnya.

Didampingi Bendahara Umum BPH GBI, Pdt. Ir. Suyapto Tandyawasesa, M.Thdan Sekretaris Umum Pdt. Paul Rudyanto Widjaja, dijelaskan Japarlin, keputusdan tersebut bukan keputusan sepihak BPH GBI tetapi keputusan bersama hasil rapat dengan MP GBI dan 28 dari 34 BDP se-Indonesia yang ada, hadir dalam rapat tersebut.

“Selain soal penundaan pelaksanaan sidang sinode, rapat tersebut juga membahas tentang keputusan Pdt, Erastus Sabdono (GBI Rehobot) keluar dari sinode GBI,” jelasnya.

Selain ingin menghindari kontelasi politik, lanjut Japarlin, penundaan sidang sinode tersebut juga karena belum memnuhi qourumnya peserta sidang sinode yang mendaftar hingga kini. “Hingga saaat ini, dari BPD-BPD atau para pendeta peserta sidang sinode belum memenuhi quorum,” tuturnya.

Terkait ditundanya sidang sinode GBI karena tak ingin terkonstelasi politik, anggota jemaat GBI, kepada SENTANA tak ingin identitasnya ditulis, mengatakan bahwa dirinya takut sidang sinode ditunggangi oleh politisi terkait Pileg, khususnya Pilpres yang mendukung salah satu calon Ketua Umum Sinode GBI yang baru, yang selanjutnya mengharapkan dukungan politik GBI.

“Dana dikucurkan deras untuk suap para pendeta sidang yang punya hak pilih untuk memilih calon yang disupport politisi. Ini yang kita khawatirkan. Saya setuju dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pimpinan pusat GBI yang menunda Sidang Sinode tersebut hingga hajatan politik 2019, khususnya Pilpres selesai,” katanya. (ARP)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: