Apa Pasal, 6 DPC PSI Kota Bekasi Mundur Dari Kepengurusan dan Keanggotaan

Bekasi, majalahspektrum.com – SEBANYAK 6 Dewan Pimpinan Cabang Partai Solideritas Indonesia (DPC PSI) se-Kota Bekasi mengundurkan diri dari kepengurusan bahkan dari keanggotaan partai. Keenam DPC PSI Kota Bekasi tersebut yakni; DPC Mustikajaya, DPC Rawalumbu, DPC Bantargebang, DPC Bekasi Barat, DPC Bekasi Selatan dan DPC Jatiasih.

“Kami saat ini masih memiliki SK Kepengurusan DPC sampai 2020. Ada 1 DPC yang sudah lebih dahulu mengundurkan diri pada tahun 2018. Sampai detik ini belum ada pemberitahuan pencabutan SK dan pergantian kami selaku pengurus DPC yang ditunjuk pada tahun 2015-2015,” kata salah satu perwakilan DPC, Jack Rusto di Out The Box Café, Komp. Sentra Kota, Jatibening, Bekasi, Sabtu (19/10/2019) malam.

Diungkapkan, mereka telah mengetahui adanya SK Kepengurusan DPC yang baru dari situs KPUD Kota Bekasi. Beebrapa kepengurusan DPC telah diubah tanpa sepengetahuan mereka yang masih merasa menjabat karena tidak adanya pemberitahuan. Hal itu menurut mereka merupakan cara yang tidak beretika.

“Kejadian seperti ini pernah terjadi sebelumnya yaitu pada 7 Mei 2017. Kami tiba-tiba dikirimi email oleh DPD Bekasi Kota berisi pencabutan SK kepengurusan. Kami lalu banding, mengadu ke DPW Jawa Barat yang akhirnya menganulir keputusan tersebut serta member sanksi kepada DPD Kota Bekasi karena menerbitkan surat pencabutan tanpa melalui proses,” jelasnya.

Kata mereka, menyikapi dinamika politik di Kota Bekasi, khususnya keberadaan PSI di Kota Bekasi, dimana Pengurus DPD Kota Bekasi periode 2019-2024 yang merupakan juga pengurus DPD periode sebelumnya sebenarnya telah dinilai gagal. Pasalnya, selain gagal memeperoleh 1 kursi pun di DPRD Bekasi Kota, kepengurusan tersebut tidak dipilih secara demokratis mendengarkan aspirasi kepengurusan DPC di bawahnya, para Caleg, anggota dan simpatisan.

Terkait hal itu, keenam DPC yang diwakili para Ketuanya tersebut sepakat menyatakan sikap sebagai berikut:

  1. Menolak Keputusan DPP PSI yang menetapkan pengurus DPD PSI Kota Bekasi Periode 2019-2024
  2. Menyatakan mencabut seluruh dukungan kepada partai PSI
  3. Mulai hari ini (Sabtu, 19 Oktober 2019) menyatakan berhenti sebagai pengurus DPC dan dari keanggotaan PSI

Selanjutnya, keenam pengurus DPC PSI Kota Bekasi tersebut, khususnya yang menjadi Caleg saat Pemilu 2019 kemarin untuk menarik suara mereka. “Para Caleg yang memeperoleh suara sigbifikan saja tidak diperhatikan atau dirangkul malah diacuhkan. Saat kampanye pun tak ada support sama sekali dari DPD ataupun dari Pusat,” keluh mereka. (ARP)

 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan