PERWAMKI Peduli Covid-19 – “Memberi Bukan Karena Berkelebihan”

Bekasi, Jawa Barat, majalahspektrum.com – WABAH virus Corona atau COVID-19 yang hampir melanda seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia bukan hanya merenggut korban jiwa tetapi juga melumpuhkan tatanan sosial kemasyarakatan dan perekonomian, khususnya menurunkan pendapatan dan daya beli masyarakat.

Dibutuhkan kerja sama dan kepedulian antar masyarakat guna membantu pemerintah dalam menanggulangi Covid-19 beserta dampaknya. Untuk itu Perkumpulan Wartawan Media Kristiani Indonesia (PERWAMKI) melakukan Aksi Peduli Covid-19 ke Panti Asuhan  Komunitas Anak Maria Immaculatta, Pomdok Mitra Lestari, No.15, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (7/5/2020).

Ketua Umum Pengurus Pusat PERWAMKI, Stevano Margianto mengatakan, aksi peduli ini selain sebagai wujud membantu pemerintah dalam menanggulangi dampak pandemi virus Corona Covid-19 juga sebagai wujud kepedulian kepada sesama yang membutuhkan.

“Kita (PERWAMKI) sudah lama merencanakan aksi sosial ini namun kita maping dahulu kepada siapa bantuan ini kita salurkan, makannya baru sekarang bisa terlaksana. Kita berusaha ‘Menjangkau yang Tak Terjangkau’, itu kita lakukan karena kita ingin bantuan yang kita salurkan tepat sasaran kepada mereka yang paling membutuhkan,” kata Margianto.

Menurut Margianto, aksi peduli ini murni hasil swadaya para wartawan yang tergabung dalam PERWAMKI tanpa bantuan dari pihak mana pun.

“Semua orang tahulah keterbatasan wartawan, apalagi wartawan media kristiani. Tetapi kita masih mau memberi dari keterbatasan pendapatan kita. Kita memeberi bukan karena kami sudah berkelebihan, itu semata karena cinta kasih yang Kristus ajarkan,” ungkapnya.

Sementara, koordinator Aksi Peduli Covid-19 PERWAMKI, Deddy Poltak Tambun menjelaskan,  Panti Asuhan Komunitas Anak Maria Immaculatta menampung 53 Anak, mulai dari usia batita (Bawah Tiga Tahun) hingga remaja. Panti ini dikelola oleh 12 orang pengurus.

“Yang kita lihat, mereka ini sangat membutuhkan dukungan kita di masa pandemi Covid-19 ini,” kata Deddy yang juga Ketua Bidang Organisasi dan Kaderisasi pengurus pusat PERWAMKI ini.

Baca Juga : (Panti Asuhan KAMI Lahir Dari Sebuah “Nazar” Atas Mukjizat Tuhan )

Menurut Deddy, bantuan yang diberikan Perwamki ke panti yakni berupa;  Beras 100 Kg, Masker, Sanitizer, Vitamin C, Makanan kemasan dan Barang kebutuhan Batita seperti susu dan minyak telon.

Usai aksi peduli Covid-19 itu, Sekum PERWAMKI, Agus R Panjaitan menyampaikan terima kasih kepada setiap wartawan yang memberikan donasinya untuk kegiatan ini.

“Terima kasih kepada teman-teman wartawan yang mau bergotongroyong (urunan) dana untuk aksi peduli ini. Terima kasih yang tak terhingga karena saya tahu anda memberi bukan dari kelebihan anda tetapi dari keterbatasan anda,” ungkapnya.

Agus meyakini, apa yang dilakukan para wartawan di Perwamki murni dilandaskan kasih ingin berbagi. Pasalnya, guna terlaksana aksi peduli ini tanpa bantuan materil atau kerja sama dari pihak mana pun.

“Sengaja kita tidak minta bantuan (proposal) dari pihak luar, karena kita sedang menguji ketulusan dan kasih kita kepada sesama di tengah keterbatasan kita sebagai wartawan,” terangnya.

Turut hadir bersama pengurus DPP, pengurus PERWAMKI DKI Jakarta dan Jawa Barat, Dewan Penasehat DPP yang juga Advokat senior, Jhon SE Panggabean, S.H, M.H.

Dalam kesempatannya, Jhon mengajak anak-anak dan pengurus panti untuk terus mengucap syukur dan bersukacita dalam kondisi apapun, bahkan di tengah pandemi virus Corona saat ini.

“Dengan rasa syukur dan suka cita dapat mengalahkan kekhawatiran dan ketakutan. Dan itu juga dapat menjadi anti body,” kata Jhon yang dating ditemani kedua orang putrinya, yang salah satunya adalah artis rohani, Clara Panggabean.

Kepada para wartawan yang tergabung dalam PERWAMKI, Jhon mengungkapkan rasa bangganya. Pasalnya, menurut dia, wartawan bukan cuman berbuat lewat pemberitaan tetapi juga dapat melakukan aksi nyata untuk membantu sesama dan pemerintah.

Untuk diketahui, hingga saat ini terdapat 12.500 lebih kasus korban virus Corona Covid-19 di Indonesia. Pandemi virus ini menyebar hampir di seluruh wilayah atau provinsi di Indonesia. (ARP)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan