Selain Kebersamaan, FORJUBA Hadir Angkat Harkat dan Martabat Wartawan Batak

Jakarta, majalahspektrum.com – SELAIN untuk membangun kebersamaan dan sinergitas para jurnalis dan orang Batak, kehadiran Forum Jurnasli Batak (FORJUBA) juga bertujuan untuk mengangkat harkat dan martabat wartawan orang batak.

Hal itu dikatakan Djamida Pasaribu usai FORJUBA dideklarasikan dan dilantik sebagai pengurus Ketua Umum (Ketum) pusat FORJUBA.

“Sehari-hari saya nge-pos (tempat tugas peliputan) di parlemen gedung DPR RI, saya melihat banyak wartawan orang batak berperilaku tidak baik dan dicap miring oleh orang-orang di sana, melihat itu saya miris. Inilah salah satu alasannya kita dirikan FORJUBA guna mengangkat harkat dan martabat wartawan orang Batak,” kata wartawan senior yang sudah 47 tahun mengabdi di Koran SIB ini di Gedung Sopo Marpikir HKBP, Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur, Kamis (9/12/2021) petang.

Menurut pria  kelahirsn 5 Oktober 1952 yang mendapat penghargaan dari pimpinan Harian SIB karena pengabdian dan dedikasinya ini, menjadi wartawan atau jurnalis adalah profesi mulia, dan dinilai sebagai kekuatan moral yang mampu menggerakan kekuatan masyarakat.

“Pers itu pilar demokrasi keempat setelah Eksekutif, Yudikatif dan Legislatif. Jadi harus dijaga marwahnya sebagai pembela masyarakat umum dan mengedukasi,” katanya.

Hadir pada acara Deklarasi dan pelantikan pengurus FORJUBA tersebut sejumlah tokoh Batak diantaranya; Edwin P. Situmorang, S.H., M.H. (Mantan Jamintel Kejaksaan Agung RI dan Ketua Umum HIMABA/Hita masyarakat Batak), Bupati Tapanuli Utara yang juga mantan wartawan, Pemimpin Umum Sumut News, Drs. Nikson Nababan, M.Si, Ketua Umum Batak Center dan mantan anggota DPR-RI 4 periode, Ir. S.M. Tampubolon dan sejumlah cendekiawan, politisi Batak serta Perwakilan organisasi wartawan lainnya.

Dalam kesempatannya, Bupati Tapanuli Utara (Taput), Drs, Nikson Nababan, M.Si mengajak FORJUBA untuk bersinergi guna membangun “Bona Pasogit” (Kampung Halaman), khususnya Tapanuli Utara, salah satunya soal Pendidikan dan peningkatan ekonomi masyarakat warga Taput. Nikson sempat menyumbangkan suara emasnya dengan menyanyikan 2 buah lagu.

Baca Juga : ( Mendesak, Kehadiran PTN di Taput Diyakini Angkat Kualitas SDM dan Perekonomian Masyarakat )

Acara diawali dengan ibadah, khotbah dibawakan oleh Pdt. Marihot Siahaan, S.Th, dilanjutkan dengan Pendeklarasian FORJUBA, Pelantikan Pengurus, kata Sambutan dari sejumlah tokoh dan undangan, Santap siang bersama dan ramah tamah hiburan musik.

Adapun pengurus FORJUBA yang dilantik KSB mewakili kepengurusan di antaranya; Ketum Jamida Pasaribu (Koran SIB), Sekretaris Umum Hotman Lumban Gaol (Pemred Tapian Channel), Bendahara Umum Rifal Marbun (Pemred kabinet.com). Sedangkan sebagai Ketua Dewan Penasihat FORJUBA yakni Ch. Robin Simanullang (Pendiri Majalah Tokoh Indonesia).

Hadir pula sejumlah wartawan dari berbagai media, baik cetak, elektronik, online dan TV di acara itu. Tampak pula hadir Ketua Umum DPP PERWAMKI (Perkumpulan Wartawan Media Kristiani Indonesia), Stevano Margianto, Ketum NABAJA (Naposo Batak Jakarta) Darman Siahaan, dan perwakilan oraganisasi batak dan wartawan lainnya. (ARP)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan