Kunjungi Sinode GPIB, BFCI Hadir Hapus Stigma Negatif “Geng Motor”

Jakarta, majalahspektrum.com – TIDAK sedikit orang, muda-tua, Lakilaki-Wanita yang memiliki hobby Touring (melakukan perjalanan) dengan sepeda motor. Mereka yang menyukai touring dengan sepeda motor lantas ada yang membuat komunitas Bikers. Sayangnya sebutan komunitas motor atau bikers berubah negative menjadi “Geng Motor” karena kerap melakukan ugal-ugalan di jalan bahkan terlibat tawuran.

Bukan cuman ugal-ugalan dan tawuran, komunitas atau Geng motor diidentikan akrab dengan minuman beralkohol dan narkoba. Stigma negative ini dirasa merugikan bagi orang-orang pecinta touring dengan sepeda motor yang memiliki sikap dan perilaku baik.

Bikers For Christ Indonesia (BFCI) hadir untuk menghapus stigma negative itu. BFCI hadir bukan sekedar menunjukan adanya komunitas motor (Bikers) yang memiliki sikap dan teladan yang baik namun juga bertujuan mejangkau dan merekrut para bikers yang memiliki kebiasaan sifat dan kelakuan buruk ke jalan yang benar. BFCI paham sekali perlu usaha yang ekstra keras dan terukur bila ingin melayani bikers yang mempunyai stigma negatif di mata masyarakat.

Dalam rangka Natal, tahun ini BFCI melakukan kegiatan berkunjung ke kantor sinode-sinode gereja yang ada di Indonesia, salah satunya mengunjungi kantor sinode Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB).

Sebagai komunitas Bikers yang Kristiani, diperlukan kemampuan bersahabat dan mempunyai hubungan yang harmonis dengan institusi rohani yang ada di Indonesia ini, tentu saja gereja adalah prioritas utama bagi BFCI.

“Kita telah menetapkan di BFCI ingin membina kerjasama dengan semua aras nasional dan sinode-sinodenya, kita ingin membuat MOU kerjasama agar kehadiran BFCI di setiap tempat bisa diterima di semua kalangan di seluruh gereja Indonesia. Pada saat ini kami berkunjung ke GPIB,” kata Pembina BFCI, Eko P Setiowibowo dalam rilis yang diterima, Jumat (24/12/2021).

Sementara, ketua sekaligus pendiri BFCI, Ferdo Raturandang mengatakan pihaknya paham betul bahwa tidak mudah untuk melayani panggilan unik ini, yaitu melayani bikers yang notabene mempunyai stigma negatif di mata masyarakat. Perilaku Ugal-ugalan, kriminalitas, susah diatur adalah beberapa kelakuan yang tersirat dari bikers. Tetapi sebenarnya jauh lebih banyak bikers yang taat peraturan, tidak kriminal, siap membantu dan punya jiwa bermakna bagi bangsa ini.

“BFCI sadar dalam menjalankan panggilan ini tidak dapat berjalan sendiri. Itulah sebabnya kita selalu berusaha bekerjasama dengan semua institusi kristiani dan komponen bangsa Indonesia, ” kata Ferdo.

Kunjungan BFCI diterima baik oleh Fungsionaris Majelis Sinode GPIB yang diketuai oleh Pdt, Drs, Paulus Kariso Rumambi M.Si. “Panggilan BFCI melayani bikers sungguh kami hargai dan kiranya dapat bekerjasama untuk mewujudkan persatuan bagi umat kristiani di Indonesia,” ujar Paulus.

Lanjut Ferdo, seperti diketahui para bikers kristiani pasti mempunyai gereja masing-masing.  Pada sisi lain, bikers umumnya mempunyai jiwa bebas yang terkadang bisa kebablasan menjadi negatif, disinilah BFCI bisa hadir mengajak mereka kembali ke jalan yang benar. Mengajak bikers ke gereja ada yang mau tapi ada yang tidak mau karena mungkin merasa berdosa sehingga segan ke gereja.

“Tetapi bila sesama bikers mengajak touring/ jalan bareng pasti mereka tertarik. Ketika di perjalanan itulah BFCI memasuki pemikiran mereka dengan Firman Tuhan, sehingga mereka merasa ada teman bikers yang peduli kepadanya,” terang Ferdo.

Setelah mereka menyadari akan perlunya kembali ke jalan yang benar, sambung Ferdo, disinilah BFCI akan bekerjasama dengan gereja untuk menyalurkan kepada Gereja terdekat untuk menjadi jemaat yang bermanfaat.

“BFCI tetap perlu gereja, dan gereja perlu BFCI walaupun dengan cara yang sederhana. Itulah winwin solution,” tuturnya.

Dalam rangka Natal, Ferdo berpesan kepada seluruh uamat kristiani, khususnya para bikers bahwa jadilah pelaku Firman Tuhan, jadi berkat bagi keluarga, jadi panutan utk masyarakat dan jadilah pelopor keselamatan dalam berlalulintas.

“Harapan kami, dalam menyambut Natal kali ini, kiranya damai dan kehadiran Kristus bisa dirasakan bagi seluruh bangsa Indonesia pada umumnya dan umat Kristiani pada khususnya. Selamat Natal untuk kita semuanya dari BFCI,” pesan Ferdo

Untuk diketahui, bagi pecinta touring sepeda motor yang ingin bergabung dalam BFCI dapat mengunjungi kantor sekretariat BFCI di Jalan. Cilandak V, No.40, Jakarta Selatan atau hubungi David Supit (Humas) di 081290779324, 087877485145. (ARP)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan