Beredar Vidio Klaim FKTMB Yang Diduga HOAX Sudutkan PSI

Jakarta, majalahspektrum.com – BEREDAR sebuah editan video pernytaan klarifikasi warga tanah merah dari Forum Komunikasi Tanah Merah Bersatu (FKTMB) yang menyudutkan Partai Solideritas Indonesia (PSI). dalam video tik-tok tersebut tertera tulisan “Nah loh PSI Ketahuan Fitnah pak Anies LAgi”.

Penggunggah video tik=tok editan tersebut sepertinya yakin akan kebenaran video klatifikasi FKTMB tersebut tanpa mencari tahu kebenarannya terlebih dahulu, sama seperti beberapa media umum yang membuat berita tentang hal itu. Tempo.co bahkan berulang kali mengulas berita tersebut seolah yakin betul akan kebenaran video FKTMB tersbeut tanpa mau menginvestigasi kebenarannya terlebih dahulu, seperti kebiasaan dan klaim mereka sebagai media investigasi.

Seperti hasil penelusuran investigasi majalahspektrum.com, kecil kemungkinan kebenaran akan klaim dari video FKTMB tersebut. Bukan cumin klaim yang dilonyarkan, sosok ketiga orang yang ada di video tersebut pun hoax alias bukan warga tanah merah apalagi mengaku sebagai pengurus FKTMB dengan memakai seragam FKTMB.

Baca Juga : ( Vidio Klaim Hoax dengan Sosok Hoax FKTMB Tumbalkan Diri Lindungi Anies? )

Dikutip dari laman tempo.co, Seorang warga Tanah Merah, Jakarta Utara bernama Ronald mengaku telah membagikan kaus bergambarkan wajah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada peserta mudik gratis. Ronald menyebut kaus dibagikan atas inisiatif warga Tanah Merah.

“Soal ini Pak Anies tidak tahu-menahu. Ini memang pure dari kami warga Tanah Merah,” kata dia dalam unggahan video di akun Twitter @fktmb yang Tempo kutip hari ini, 30 April 2022.

Forum Komunikasi Tanah Merah Bersatu (FKTMB) mengaku sebagai pihak yang membagikan kaus Anies Presiden. Pengakuan ini disampaikan oleh seorang yang menyebut dirinya warga Tanah Merah bernama Ronald.

“Kami yang membagikan, jumlahnya hanya 50, dibuat oleh kami sendiri, warga Tanah merah,” kata Ronald dalam video tersebut

Video klarifikasinya diunggah di Twitter @fktmb pada 29 April 2022. Sekretaris FKTMB Purwanto membenarkan bahwa organisasinya yang membagikan kaus tersebut.

“Itu bentuk klarifikasi yang memang sengaja,” ujar dia saat dihubungi.

Sementar, dari hasil penelusuran majalahspektrum.com. diperoleh informasi bahwa sekeretaris FKTMB adalah Frangki Sihombing bukan Purwanto. Frangki adalah mantan ketua RT di tanah merah tembok bolong yang kini menjabat sebagai LMK di Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakut. (ARP)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan