Pemprov Sulteng Minta D’ai dan Imam Masjid Bantu Bangun dan Rawat Kerukunan Beragama

gbi shalom

Jakarta, majalahspektrum.com – PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) meminta agar para D’ai dan Imam Masjid membantu membangun dan merawat kerukunan antarumat beragama.

“Dai dan imam yang dikader oleh DMI Sulteng diharapkan dapat bersinergi dengan pemerintah, utamanya dalam membangun kerukunan antarumat beragama,” kata Kepala Biro Kesra Sekretariat Daerah Pemprov Sulteng, Awaludin dalam sambutannya mewakili Gubernur Sulteng Rusdy Mastura pada peluncuran pelatihan imam dan dai, Kamis (1/9/2022).

Seperti dilansir dari laman resmi pemprov Sulteng, Senin (5/9/2022), pada acara peluncuran imam dan dai yang diselenggarakan oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulteng tersebut, Rusdy mengatakan bahwa pemerintah provinsi menjadikan upaya pembangunan kerukunan umat beragama sebagai salah satu prioritas pembangunan.

“Para dai dan imam diharapkan membantu pemerintah membangun dan merawat kerukunan masyarakat melalui dakwah. Keteladanan yang baik harus diberikan kepada masyarakat dengan dakwah yang menyejukkan,” pintanya.

Dia juga berharap pelatihan yang diselenggarakan oleh DMI bisa menambah pengetahuan dan memperluas wawasan para dai dan imam yang mengikutinya.

Pelatihan bagi imam dan dai yang diselenggarakan oleh DMI Sulteng meliputi pemaparan materi tentang fiqih, pembacaan Al Quran yang benar dan baik, hafalan Al Quran, wawasan keislaman, perbandingan mazhab, serta adab menyikapi perbedaan.
Semebtara, Sekretaris Pengurus Wilayah DMI Provinsi Sulawesi Tengah Muchtar Ibnu Masud mengatakan, DMI juga mengundang perwakilan dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kantor Wilayah Kementerian Agama, Kepolisian Daerah, dan Komando Resor Militer untuk menyampaikan materi tentang wawasan kebangsaan dan keindonesiaan dalam pelatihan bagi dai dan imam.

Ia mengemukakan selanjutnya para imam dan dai yang telah mengikuti pelatihan akan digabungkan dalam satu komunitas alumni agar bisa bertukar informasi dan pengalaman mengenai kegiatan dakwah. (Juni R)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan