Hasil Survey, Ini Tipe Kepemimpinan Yang Baik Untuk Gereja

Jakarta, majalahspektrum.com – BILANGAN Research Center (BRC) melakukan survei nasional terhadap 1.053 pimpinan gereja yang berasal dari gereja kecil, sedang, maupun besar, dan juga dari berbagai aliran.  Salah satu yang diteliti adalah bagaimana pengaruh tipe kepemimpinan terhadap kinerja pimpinan gereja dalam hal (1) Memimpin Tim Pelayanan dan Jemaat, (2) Navigasi Organisasi dengan Berpikir Strategik, dan (3) Pemenuhan Panggilan Tuhan terhadap gereja-Nya.

Tipe Kepemimpinan dalam survei ini dilihat dari 2 dimensi yang berbeda, yaitu Fokus Kepemimpinan dan Metafora Kepemimpinan.

Gereja yang fokus utama kepemimpinannya adalah; Menghasilkan pemimpin baru yang lebih baik dalam melanjutkan karya ATAU  Kepemimpinan yang menentukan prakasa prakasa baru atau membuat gagasan dan insiatif baru dan kreatif, cenderung menghasilkan kinerja kepemimpinan yang jauh lebih efektif dibandingkan dengan yang berfokus pada hal lainnya.

Dari 6 metafora kepemimpinan yang digunakan dalam survei, yaitu

  1. Panglima Perang
  2. Kapten Kapal
  3. Pemandu Wisata
  4. Dirigen
  5. Petani
  6. Coach/Pelatih

Hasil survei menunjukkan, 2 tipe metafora yang paling efektif dalam menghasilkan kinerja kepemimpinan gereja yang baik adalah (1) Coach/Pelatih dimana tugas pemimpin adalah menentukan standar kinerja dan melatih, dan (2) Petani dimana tugas pemimpin adalah menumbuhkan kapabilitas anak buah.

Pemimpin yang metaforanya seperti Panglima Perang dan Kapten Kapal cenderung menghasilkan kepimpinan yang relative  tidak  efektif.

Baca Juga : ( Hasil Riset, Kemunafikan Pemimpin Gereja Jadi Alasan Generasi Muda Enggan ke Gereja )

Ketua BRC, DR, Handi Irawan D dalam pesannya kepada redaksi mempersilahkan siapa pun untuk menyebar luaskan materi survey untuk  digunakan  pada jurnal atau artikel, bahan diskusi, skripsi, tesis, khotbah atau lainnya.

“Namun mohon mencantumkan sumber data dari kami Bilangan Research Center (BRC),” pinta Handi.

Baca Juga : ( Hasil Survey, Ini Besaran Jemaat Ibadah Onsite di Gereja Beserta Alasannya di Masa Covid-19 )

Bagi saudara yang ingin mendapatkan materi hasil survey tersebut dapat dapat mengaksesnya di link; https://bit.ly/BRC-KepemimpinanGereja-I-TipeKepemimpinan

Untuk diketahui, hasil survey ini adalah bagian ke-1 dari seri survey Kepemimpinan Gereja yang dilakukan BRC. Untuk hasil survey bagian berikutnya dapat dapat dirilis juga melalui pemberitaan media ini. (ARP)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan