Resensi Buku: “HKBP Yang Saya Kenal”

Iklan Kominfo
IKLAN BPK PENABUR

Jakarta, majalahspektrum.com – BUKU “HKBP Yang Saya Kenal” merupakan tulisan-tulisan terbaik dari seorang Sintua (St.) atau majelis HKBP Menteng, Jalan Jambu, St. (emeritus) Hotman Charles Siahaan, yang dikumpulkan oleh orang lain yang merasa tulisan-tulisan tersebut sangat baik dan bermanfaat untuk diketahui banyak orang yang belum pernah membacanya.

Dalam “Sekapur Sirih”-nya, St. Hotman mengatakan bahwa tulisan-tulisan itu pada mulanya hanya dikumpulkan dalam file pribadi. Dikemudian hari tulisan itu dikirimkan kepada teman-teman dalam Penelahaan Alkitab kelompok kecil di HKBP Menteng.

Mengenal Facebook pada tahun 2009, St.Hotman membagi tulisan-tulisannya di akun media sosialnya facebook agar semakin banyak orang yang membaca pemikirannya dan renungan saat teduh yang dia buat.

Tak disangka, ada teman FB-nya yang mengumpulkan tulisan-tulisannya. Lalu kumpulan tulisan tersebut diusulkan kepadanya oleh St, Esron Simamora (jemaat HKBP Immanuel Kelapa Gading) untuk dijadikan buku. Proses pembuatan dan penerbitan buku tersebut dilakukan di tahun 2020 (Dilaunching pada, Minggu, 20 Desember 2020).

“Satu  ketika beliau mengirimkan pesan kepada saya dengan saran agar semua  tulisan itu dijadikan sebuah buku. Sarannya itu langsung saya setujui,  dan mengusulkan agar beliau memprakarsai penerbitannya. Segera  amang yang satu ini (St, Esron Simamora) membentuk panitia kecil untuk menerbitkan buku itu  yang saya beri judul HKBP Yang Saya Kenal,” terang St. Hotman Siahaan dalam sekapur sirihnya.

Selain tulisan-tulisan yang menggugah pertumbuhan rohani kita, secara khusus buku ini baik dibaca oleh mereka yang berjemaat di HKBP. Pasalnya, dalam buku ini kita jadi mengenal bahkan memahami  betul tentang HKBP. Suatu hal yang tadinya tidak diketahui jemaat bahkan pendeta HKBP sekalipun.

Bagi orang lain yang yang pernah menjadi murid rohani yang bukan jemaat HKBP mungkin akan cemburu karena penulis menulis khusus tentang HKBP mengingat penulis bukan cuman milik HKBP tetapi milik lintas sinode gereja. Penulis sudah dikenal banyak gereja karena kerap diundang khotbah dan aktif pelayanan di PERKANTAS melalaui pemuridan komsel Pendalaman Alkitab.

Dalam buku ini juga dikemukakan pengertian, makna rohani dan histori tentang struktur bangunan gereja dan altar atau mesbah. Juga dibahas tentang pengertian dan makna rohani dari Sakramen, Tata Ibadah atau Liturgi hingga Makna dari sebuah Perayaan Gereja di HKBP.

Sebagai contoh, di BAB III dalam buku ini dijelaskan tentang Pengertian dan Makna bangunan gereja yang sesungguhnya. Dikatakan, Gereja memiliki arti dan makna yang mendalam yang sering kali salah dimengerti orang, sampai-sampai setiap bentuk bangunan dan altar pun tidak sembarang dibuat atau dibangun. Penekanannya, Gereja bukan di bawah kendali manusia, bahkan oleh pemimpin Gereja sekali pun.

Dalam prolognya di buku ini, Sekretaris Jenderal HKBP Periode 2012-2016, Pdt. Mori Sihombing, MTh mengakui penulis, St. Hotman Siahaan memiliki pemahaman yang sangat baik tentang makna teologis dari bangunan Gereja-gereja HKBP, Altar, Mezbah, Mimbar, bahkan juga Liturgi, Pelayanan Sakramen  dan perayaan-perayaan di HKBP, termasuk pelayan-pelayan yang  bertugas dalam setiap ibadah, terutama Kebaktian Hari Minggu.

Menurut Pdt (E) Mori Sihombing Buku ini sangat baik dan relevan untuk dibaca dan diterapkan oleh para Pendeta dan Sintua di Gereja-gereja.

“Sudah saya kenal sejak lama, beliau (St.Hotman) bukan hanya bertalenta berkhotbah dan memberi saran bahkan kritik, tetapi ternyata memberi pemahaman  yang sangat baik tentang HKBP,” ungkap Pdt, (E) Mori dalam Prolognya di buku tersebut.

St, (E) Hotman C Siahaan

Riwayat Singkat Penulis:

St. Hotman Charles Siahaan lahir : Balige, pada, 9 Nopember 1950. Suami dari Minar Surya Br.L Tobing ini sejak muda (Tahun 1976) sudah melayani di HKBP Menteng, Jl.Jambu sebagai pemimpin kelompok Pendalaman Alkitab (PA).

Saat ini St, Hotman Siahaan tinggal di Jl. Kebon Jahe 9 no 2, Rt. 012, Rw 02, Jakarta. Bagi yang ingin menghubunginya untuk mendapatkan buku “HKBP Yang Saya Kenal” atau ingin mengenal beliau lebih dekat silahkan menghubunginya di nomor HP: 08128950641.

Sejak Tahun 1978, Hotman Siahaan melayani pemuridan di remaja HKBP Menteng hingga sekarang, Melayani PA Pemuridan untuk kaum ibu dari sejak tahun 1980 hingga sekarang. Tahun 1980 melayani PA pemuridan untuk kaum bapa dan pemuridan Pasutri HKBP Menteng.

Dalam status belum menjadi Sintua (majelis), Hotman Siahaan sudah melayani sebagai pengkhotbah di kebaktian wiyk (Wilayah). Setelah menjadi sintua di HKBP Menteng, dia dipercaya sebagai sekretaris resort HKBP Menteng lalu sebagai parhalado distrik XXI Jakarta.

Pernah sebagai utusan di Sinode godang HKBP tahun 2000 – 2008 dan terpilih untuk menjadi Majelis Pekerja Sinode HKBP tahun 2004 –2008.

Aktif menulis renungan tiap pagi nas dari almanak HKBP, jadi Admin dari grup Ruas Ni HKBP Namasihaholongan dan HKBP do HKBP di media sosial FaceBook. (ARP)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan