Perayaan Natal Kantor Hukum Jhon SE Panggabean: “Persembahkanlah Dosa Mu”

gbi shalom

Jakarta, majalahspektrum.com – DALAM khotbahnya di perayaan Natal kantor hukum Jhon SE Panggabean, S.H, M.H, bersama Persekutuan Doa (PD) TODAH dan para Wartawan Kristiani, Pdt, Dr, Nus Reimas mengajak umat kristiani untuk mempersembahkan dosa-dosanya sebagai persembahan Natal.

“Karena itulah (dosa manusia) Yesus lahir, datang ke dunia ini agar umat manusia diselamatkan,” katanya di Jhon’s Pardede Hotel Internasional, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2019) malam.

Dikisahkan Om Nus (panggilan akrab Pdt, Nus Reimas), Hieronimus seorang pintar dan kaya mengunjungi tempat Yesus dilahirkan saat Natal. Di sana ia berdoa ingin mempersembahkan seluruh kekayaannya sebagai persembahan natal. Namun Hieronimus seperyi melihat tangan seorang bayi seperti berdada tanda “tidak”. Merasa ditolak, Hieronimus mengganti persembahannya dengan mendedikasikan seluruh kepintarannya sebagai persembahan natal, namun kembali tangan itu muncul untuk menolak.

“Pada akhirnya Hieronimus bertanya dalam doanya, ‘Lalu apakah yang Engkau inginkan Tuhan untuk aku persembahkan’?. Hieronimus seperti mendengar suara yang mengatakan; ‘Persembahkanlah dosa mu karena sebab itulah Aku datang ke dunia’” kata Pak Nus.

Hieronimus adalah seorang “sarjana” yang saat itu mengindikasikan kefasihan berbahasa Yunani. Ia mengenal sedikit bahasa Ibrani ketika mulai mengerjakan proyek penerjemahannya, kemudian pindah ke Yerusalem untuk memperkuat pengetahuannya mengenai komentari kitab suci Yahudi. Seorang bangsawan Romawi yang kaya, Paula, membiayai kehidupannya di sebuah biara di Betlehem dan ia menyelesaikan terjemahannya di sana.

Ia mulai tahun 382 dengan mengkoreksi versi Perjanjian Baru bahasa Latin yang ada saat itu, yang sekarang disebut Vetus Latina. Pada tahun 390 ia berpindah menerjemahkan Alkitab Ibrani dari bahasa Ibrani asli, setelah sebelumnya menerjemahkan bagian-bagian dari Septuaginta yang datang dari Aleksandria.

Lahir di Stridon, sebuah desa di dekat Emona, tapal batas antara Dalmatia dan Panonia pada 27 Maret 347  – meninggal di Betlehem, 30 September 420 pada umur 73 tahun. Hieronimus adalah seorang imam, konfesor, teolog, dan sejarawan. Ia dikenal sebagai orang pertama yang menterjemahkan Alkitab ke dalam bahasa Latin yang dikerjakannya (karya terjemahan ini dikenal dengan sebutan Vulgata), dan ulasan-ulasannya atas kitab-kitab Injil.

“Bukan patung Maria atau Yesus ada di samping gua tempat Yesus tetapi patung Hieronimus,” tutur om Nus.

Lagi kata om Nus, tujuan seseorang ditentukan oleh keputusannya. Hal itu seperti contoh sikap orang Majus yang datang dari timur jauh mencari tempat Yesus dilahirkan.

“Saat itu tidak ada google maps, mereka (orang Majus) tidak tahu berapa lama waktu yang diperlukan untuk menuju tempat Yesus dilahirkan, mereka hanya mengandalkan iman dan keinginan untuk nertemu sang juru selamat. Orang beriman, menuruti kata Tuhan, ketika ada masalah, pertolongan Tuhan tidak pernah terlambat,” jelasnya.

Dalam kesempatannya, advokat senior Jhon SE Panggabean mengungkapkan rasa syukurnya boleh mengadakan Ibadah perayaan Natal ini. Hal itu ia lakukan untuk mengucap syukur kepada Tuhan dan tanda sukacita untuk memperingati kelahiran Yesus Kristus.

“Ini perayaan yang kelima kalinya yang diselenggarakan Kantor Advokat Jhon SE Panggabean & Associates. Semua ini demi kemuliaan namanya,” kata Jhon, yang baru saja diangkat sebagai Ketua DPC PERADI Jakarta Timur.

Dikatakan Jhon Panggabean, dalam dua tahun belakangan ini dia tidak menyelenggarakan natal bersama karena dalam keadaan sakit berat. Namun karena kasih pertolongan Tuhan ia telah dipulihklan dan dapat kembali bekerja sebagai advokat

Meski dalam keterbatasan fisik, Jhon SE Panggabean mengaku tetap merayakan Natal walau hanya dengan beberapa orang.

“Malam ini saya sangat sukacita bisa bersama sahabat-sahabat lagi merayakan Natal bersama. Senang karena bisa bersama Ibu saya yang sudah 83 tahun dan semua yang hadir hari ini. Puji Tuhan. Tuhan itu baik, sehingga hidup saya dipulihkan dan sembuh dari sakit,” ungkap Jhon di hadapan ratusan orang yang hadir.

Hadir dalam perayaan natal tersebut para staff kantor hokum Jhon SE Panggabean, Keluarga, sahabat dan kolega, para wartawan Kristen yang tergabung dalam Perkumpulan Wartawan Media Kristen Indonesia (PERWAMKI) dan Persatuan Wartawan Nasrani (PEWARNA), Sekjend MUKI, dan artis-artis kristen seperti Tagor Pangaribuan, Clara Panggabean, Ivan Nainggolan, Gitara Trio dan Vocal Grup Berta Saragih.

Kesaksian pujian dipersembahakan oleh para artis Kristen secara bergantian. Tak mau ketinggalan, wartawan Kristen, Vocal Grup PERWAMKI dan PEWARNA turut memeriahahkan acara. (ARP)

 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan