Pesan Awal Tahun 2020 dan Fokus Pelayanan 5 Tahun PGI

Iklan Kominfo
IKLAN BPK PENABUR

Jakarta, majalahspektrum.com – PERSEKUTUAN Gereja-gereja di Indonesia (PGI) menggelar “Ibadah Syukur Awal Tahun 2020” di lantai 5 Grha Oikumene PGI, Jalan Salemba, No.10, Jakarta Pusat, Senin (6 Januari 2020). Dalam acara itu, PGI menyampaikan pesan ke masyarakat, khususnya umat kristiani Indonesia agar mau menjadi sahabat bagi semua orang bahkan alam atau lungkungan.

Selain pesan awal tahun, di acara itu juga PGI menyampaikan 4 fokus pelayan PGI untuk 5 tahun ke depan, terkait krisis yang dialami bangsa Indonesia. Keempat focus pelayan PGI tersebut antaralain: terkait krisis Kebangsaan, krisis Keesaan Gereja, krisis Ekologi dan krisis kemajuan teknologi informasi dan lainnya.

“Kemajuan teknologi kadang digunakan secara salah. Mengakibatkan masalah, padahal diciptakan untuk kebaikan hidup manusia,” kata Seketaris Umum (Sekum) Majelis Pekerja Harian (MPH) PGI, Pdt, Dr, Jacklevyn Frits Manuputty saat menyampaian khotbah, refleksi awal tahun yang diambil dari bacaan Injjil Yohanes 15 ayat 14-15, Senin (6/12/2020).

Menurut Sekum PGI, saat ini, di tengah kemajuan teknologi dan peradaban, banyak orang berperilaku egoistis. Jack, panggilan akrab Sekum PGI lantas mengajak umat untuk membayangkan makna hidup dengan menjadi sahabat bagi semua orang tanpa dibatasi perbedaan Agama, Suku dan Ras.

“Bukan sekedar memaknai seberapa banyak sahabat yang kita miliki, tetapi menjadi sahabat sejati yang mau berkorban bagi sahabat-sahabatnya, seperti Kristus sang gembala yang mau berkorban (mati disalibkan karena dosa manusia) bagi Domba-dombanya,” jelasnya. “Bersahabat dengan cinta kasih tanpa balas dan batas,” tambahnya.

Dalam acara itu juga, PGI berkesempatan memaparkan perjalanan pelayanannya sepanjang tahun 2019. Ada 2 even di tahun 2019 yang menyedot perhatian khusus PGI yakni Pilpres dan Pileg 2019 dan Sidang Raya PGI di Sumba, NTT. Di Pilpres dan Pileg 2019, PGI secara khusus memberikan perhatian terkait terpecahnya konstelasi masyarakat karena maraknya HOAX dan Kampanye Identitas yang berpotensi memecahbelah bangsa.

Turut hadir dalam ibadah syukur awal tahun tersebut pengurus MPH PGI pusat dan daerah, Ketum MPH PGI Pdt, Dr, Gomar Gultom, para mitra kerja dan sahabat PGI seperti perwakilan dari gereja aras PGPI, KWI, PGLII, Jaringan Doa Nasional (JDN), Pengurus pusat Masyarakat Hindu, Budha Islam dan lainnya. Hadir pula perwakilan dari pemerintah pusat dan Perkumpulan Wartawan Media Kristiani Indonesia (PERWAMKI). (ARP)

 

 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan