Sidang MPL PGI-W DKI Jakarta, Jadilah Seperti “Angklung”?

gbi shalom

Jakarta, majalahspektrum.com – DALAM khotbahnya di acara pembukaan sidang Majelis Pekerja Lengkap (MPL) Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Wilayah DKI Jakarta, Pdt, Agustinus Purba, S.Th mengatakan hendaknya gereja atau umat kristiani dapat bersikap seperti permainan alat musik ‘Angklung”. Hal itu, menurut dia, baik untuk melatih kesabaran.

“Seperti Angklung yang tadi dimainkan, tidak bisa bicara atau berbunyi kalau belum waktu atau gilirannya agar menghasilkan suara yang harmonis,” kata Ketua Moderamen (Pimpinan) Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) ini di gedung gereja GBKP Cempaka Putih, Senin (18/3/2019).

Alexander mengingatkan, isu yang menjadi fokus gereja, khususnya yang tergabung dalam PGI, saat ini yakni; soal Kemiskinan, Radikalisme, Lingkungan Hidup dan Kemanusiaan.

“Gereja harus merespon situasi kondisi yang tidak tanpa merasa jenuh dan menyerah. Bagaimana gereja mampu mempengaruhi negara dan masyarakat menyuarakan kebenaran dan mengkritikyang tidak benar,” jelasnya.

“Ketika gereja jadi ‘Penjilat’ maka suaranya tidak akan didengar. Ketika negara melakukan transformasi, gereja menggunakan hati nurani,” sambungnya.

Diketahui, sidang MPL PGI-W DKI Jakarta akan berlangsung sejak tanggal 19-21 Maret 2019 di Hotel Prioritas, Cisarua, Bogor. Pembukaan sidang dilakukan di Jakarta, gereja GBKP Cempaka Putih, dimana GBKP sebagai tuan rumahnya.

Pembukaan sidang yang rencananya akan dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta,Anies Baswedan akhirnya digantikan oleh utusan Gubernur yakni Kabid Mental Provinsi DKI Jakarta, H, Hendra Hidayat didampingi Kesbangpol DKI. Turut hadir pula perwakilan FKUB DKI Jakarta, Ustad Astamar.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia sidang MPL PGI-W DKI Jakarta, Brigjen, dr, Alexander Ginting,Sp.P berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada GBKP Cempaka Putih sebagai tuan rumah.  “Ini sebagai ‘Batu Loncatan’ bagi kami dan menunjukan bahwa GBKP masih bisa ber-Oikumene,” katanya.

Sementara itu, Ketua PGI-W DKI Jakarta, Pdt, Emmanuel K Raintung, S.Si, MM dalam sambutannya mengatakan sidang MPL PGI-W Jakarta bertujuan mengevaluasi gereja-gereja yang ada di wilayah DKI Jakarta.

“Gereja hadir bukan untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk lingkungan tempat dimana gereja berada. Hendaknya gereja berperan dalam mensejahterakan kota,” katanya. (ARP)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan