Pasca Idul Fitri, UPTD PKM Pabatu Gencar Tracing Masyarakat

gbi shalom

Tebing Tinggi, majalahspektrum.com – PASCA Idul Fitri (Lebaran), Unit Pelaksana Teknis Daerah Pusat Kesehatan Masyarakat (UPTD PKM) Pabatu, Tebing Tinggi, Sumatera Utara gencar melakukan Tracing (mendeteksi orang-orang yang berpotensi tinggi tertular virus dari pasien positif Covid-19) ke masyarakat. Kegiatan itu dilakukan tanpa mengenal hari libur.

Seperti pada, Sabtu (29 Mei 2021) jam 11.00 WIB, UPTD PKM PABATU melaksanakan Tracing di Kelurahan Persiakan wilayah kerja Kecamatan Padang Hulu Kota Tebing Tinggi Provinsi Sumatra Utara. Hasilnya, 1 orang warga dinyatakan positif setelah dilakukan Swab Antigen.

Kepala UPTD PKM Pabatu, drg. Dewi Mulia Hutahaean mengatakan kegiatan Tracing ini dilakukan pihaknya rutin setiap hari pasca hari raya Idul Fitri.

“Mengingat saat Hari Raya Idul Fitri banyak warga yang pulang kampung, silahturahmi ke keluarga dan kumpul-kumpul yang mana berpotensi terjadinya penularan Covid-19. Untuk itulah kita Tracing warga kita untuk memastikan mereka aman tertular dari virus Covid-19 dan mengantisipasi sejak dini penularan covid-19 dari warga yang terinfeksi virus ke warga lainnya,” kata Dewi, Senin (31/5/2021) petang.

Menurut Dewi, kegiatan mengunjungi warga guna mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) juga dilakukan pihaknya sebelum hari raya idul fitri.

“Sosialisasi ke warga agar menjaga diri dari penularan virus corona, mengingatkan warga untuk tetap melakukan 3 M (Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak). Kita juga gencar membagi-bagikan masker ke warga,” jelasnya.

Membantu memantau Vaksinator Covid-19 di Brimob Kota Tebing Tinggi

Dari pantauan majalahspektrum.com, Kepala UPTD PKM Pabatu, Dewi Mulia sampai rela merogoh koceknya sendiri guna menjaga warga dari penularan Covid-19. Hal itu terlihat dari paket kiriman masker dari Jakarta atas namanya.

“Kita tidak bisa tunggu sampai stok bantuan masker ada, saya berinisiatif pesan dari Jakarta dibantu keluarga besar saya yang tinggal di Jakarta untuk beli masker dan dikirim ke sini,” ungkapnya.

Tampak hadir mendampingi Dewi dalam kegiatan Tracing tersebut; Camat Padang Hulu Bapak Deni, Lurah Persiakan; Aminudin, Sekretaris Kecamatan Padang Hulu;Ngatimin, Kapolsek Padang Hulu; Beringin Jaya, Babinsa;Yudha B. Panjaitan, Kepala Lingkungan Persiakan, Staff UPTD PKM Pabatu; dr. Yenny Aruan, Matius Siahaan, Amd. Kep dan Emma Tampubolon, SKM.

“Setiap kegiatan kita ini selalu kita laporkan hasilnya ke Kepala Dinas (Kadis) Dinas Kesehatan Kota Tebing Tinggi,” tandasnya.

Sementara, Camat Padang Hulu, Deni mengungkapkan keinginannya agar warga di wilayahnya bersih dari Covid-19. Pihaknya akan terus mengantisipasi kemungkinan yang ada terkait potensi penularan virus covid-19.

“Kita akan lakukan tracing terus guna menjaga warga daan wilayah kita agar bersih dari kasus penularan covid-19. Kita siaga 24 jam setiap hari,” kata Deni.

Deni mengimbau warganya untuk bersama-sama memerangi penyebaran virus covid-19. “Bila ada tetangganya yang terinfeksi covid-19 atau baru datang dari luar wilayah agar memberi tahu ke Puskesmas (PKM) Pabatu atau aparat pemerintah setempat  untuk segera ditangani dan upaya pencegahan penularan covid-19 lebih luas.

Warga Kecamatan Padang Hulu yang membutuhkan pertolongan ataupun informasi terkait penanganan Covid-19 dapat mengunjungi Puskesmas Pabatu yang beralamat di Jl. Medan – Pematang Siantar No.2a, Lubuk Baru, Kec. Padang Hulu, Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara.

Dari data yang diperoleh, diketahui di Kecamatan Padang Hulu (wilayah kerja PKM Pabatu) yang meliputi 7 Kelurahan, per Senin, Tanggal 31 Mei 2021 ada penambahan 1 orang warga yang dinyatakan positif covid-19 dan 3 orang dinyatakan sembuh. Total keseluruhan kasus covid-19 di Kecamatan Padang Hulu yakni; terkonfirmasi positif 2 orang, probable 2, terkonfirmasi meninggal dunia 11, sembuh 81, masa pantau 14 hari 405 total kasus 501. (ARP)

2 Comments

Tinggalkan Balasan