Natal PBB PAC Koja Jakut: Menjadi Sahabat Mereka Yang Kesepian dan Kesusahan

Jakarta, majalahspektrum.com – PERAYAAN Natal Bersama Pemuda Batak Bersatu (PBB) se-Kecamatan Koja, Jakarta Utara berlangsung semarak di gedung Gereja HKBP Gading Indah, Senin (20 Desember 2021) malam. Mulai dari anak-anak usia Balita, Remaja hingga Lansia ikut andil mengisi acara dengan berbagai kreasi seni, dari mulai paduan suara (Koor) hingga tari-tarian Batak dan modern dance.

Sebelum ibadah, Ketua PBB Pengurus Anak Cabang (PAC) Koja, Jakarta Utara (Jakut), Tonyus Pasaribu memberikan kata sambutan selamat datang kepada seluruh jemaat yang hadir, baik anggota dan keluarga PBB se-Kecamatan Koja hingga tamu undangan.

Selain para pengurus dan anggota PBB PAC Koja dan Pengurus Ranting se-Kecamatan Koja tampak pula undangan dari PAC dan Ranting wilayah lain yang ada di Jakarta Utara. Tampak pula Ketua DPD PBB DKI Jakarta, Dayan F Siringoringo didampingi Ketua Panitia Natal PBB se-DKI Jakarta Joice Panjaitan dan Wakil Sekretaris DPD PBB Jakarta Siska Simarmata.

Mengangkat Tema dari Kitab Amsal17:17  “Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran.” Dalam khotbahnya, Pdt, Liz Pardon Simare mare, S.Th mengaku mengenal PBB saat melayani warga jemaat yang sedang berdukacita.

“Saya berharap PBB Hadir menjadi Sahabat bagi mereka yang Kesepian dan Kesusahan bagi siapa saja tanpa memandang latar belakangnya,” kata Pdt Liz Simare mare yang bertugas melayani di HKBP Gading Indah Ressort Tg.Priok ini.

Menurut Pdt, Liz Simare mare, zaman sekarang ini kehidupan interaksi sosial masyarakat semakin menipis, baik di lingkungan tempat tinggal hingga kehidupan di keluarga. Hal itu, kata dia, karena orang sekarang ini banyak menghabiskan waktunya bersama Smart Phone.

“Komunikasi suami-isteri, orangtua dengan anak di rumah pun melalui WhatsApp (WA) di smart Phone. Bersosialisasi lewat Medsos yang ada di Smart Phone. PBB harus berperan menebalkan kehidupan interaksi social yang semakin menipis ini dimulai dari diri keluarga sendiri. Bukan cumin saat ada warga yang berdukacita, PBB juga turut hadir dan membantu saat ada warga yang bersukacita,” terang Pdt, Liz Simare mare.

Dalam arahannya, Ketua PBB DPD DKI Jakarta, Dayan F Siringoringo berpesan agar PBB Koja menjaga tali silahturahmi dengan ormas lain yang ada di Jakarta Utara, khususnya Kecamatan Koja, hidup toleran, gotomg royong dalam membangun kota dan jangan gampang termakan berita Hoax.

“PBB harus jadi teladan dan berdaya guna bagi warga sekitarnya, jaga persatuan dan kesatuan sesame anak bangsa, NKRI Harga Mati, Pancasila Harga Mati,” serunya.

Baca Juga : ( Perayaan Natal PBB se-DKI Jakarta 2021 )

Sementara, Ketua PAC PBB Koja, Jakarta Utara, Tonyus pasaribu menjelaskan bahwa Natal kali ini berbeda dengan Perayaan Natal tahun sebelumnya dimana Natal Tahun ini diadakan secara bersama-sama secara offline (tatap muka) dan melibatkan seluruh anggota keluarga dari pengurus dan anggota PBB PAC Koja.

“Natal Kebersamaan dalam artinya bahwa semua umat kristiani melaksanakan Natal dengan Sukacita tanpa mengabaikan protocol kesehatan,” pesan Tonyus Pasaribu di sela-sela acara hiburan dan ramah-tamah usai ibadah Perayaan Natal.

Acara Perayaan Natal PBB se-Kecamatan Koja, Jakarta Utara berlangsung selama lebih dari 3 jam karena banyaknya yang mengisi acara, baik saat ibadah maupun saat ramah-tamah.

Turut berpartisipasi mengisi kesaksian puji-pujian dan Pembacaan Liturgi Natal saat ibadah dari; Pengurus PAC dan Ranting PBB se-wilayah Koja, Para Dewan Penasehat dan Pembina juga dari Kategorial gereja HKBP Gading Indah. Vocal solo Ricardo Sihotang, Paduan Suara (Koor) PBB PAC Koja, Vocal Grup Srikandi PBB Koja, Vocal Grup kaum bapak PBB Koja, koor PPH dan Ama (kaum bapak) HKBP Gading Indah.

Usai Ibadah, acara dilanjutkan dengan makan bersama. Menemani santap malam bersama tampil anak-anak sekolah minggu dan anak-anak dari anggota PBB Koja membawakan tari-tarian batak dan modern dance. Anak-anak tampak bahagia dan makin semangat menari dan menari karena banyak orangtua dan tamu undangan yang memberikan saweran uang kepada mereka.

Tak mau ketinggalan, Ketua DPD PBB DKI Jakarta, Dayan F Siringoringo juga turut menyumbangkan suara emasnya. Menyanyikan lagu tema Natal secara Medley, para anggota PBB turut larut berjoget bersama Ketua DPD PBB Jakarta, dan tentu saja dengan saweran uang yang terus mengalir.

Selain itu, dalam rangka mengumpulkan dana untuk kas PBB PAC Koja dilakukan lelang makanan jhas batak dan parcel buah. (ARP)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan