PBB Jakarta Turunkan 5.000 Anggota Bantu Pengamanan Gereja Saat Ibadah Natal

Jakarta, majalahspektrum.com – KETUA Dewan Pimpinan Daerah Pemuda Batak Bersatu DKI Jakarta (DPD PBB Jakarta) Dayan F Siringo-ringo mengatakan pihaknya mengerahkan 5000 anggotanya untuk membantu aparat keamanan menjaga gereja yang ada di wilayah DKI Jakarta saat ibadah malam Natal 24 Desember dan ibadah Natal 25 Desember.

Meski pandemi  virus covid-19 masih belum surut, namun ibadah Natal kini dirayakan oleh berbagai gereja di wilayah Jakarta. Tentu ibadah yang dirayakan dengan menggunakan protokol kesehatan,  dan pembatasan jemaat.

“Setiap anggota PBB dengan suka rela untuk menjaga pengamanan  perayaan Natal. Kita berharap perayaan Natal ini berjalan dengan hikmat, tanpa gangguan dari pihak luar. Karena itu kami mengerahkan 5000 anggota PBB  yang ada di diberbagai wilayah Jakarta,” kata Dayan Siringo-ringo, Sabtu (25/12/2021).

Menurut Dayan Siringoringo, keberadaan anggota PBB DKI Jakarta membantu pengamanan gereja tentunya berkoordinasi dengan aparat Polri maupun TNI yang di tempatkan di setiap pos pengamanan gereja.

“Kami sebelum melakukan pengamanan diberbagai gereja sudah melakukan pemberitahuan kepada aparat kemanan di setiap Polres Metro wilayah DKI Jakarta masing-masing akan keberadaan PBB yang ikut serta dalam pengamanan gereja. Ini bagian dari partisipasi masyarakat dengan polisi sebagai aparat keamanan,” jelasnya.

Dayan Siringoringo mengutarakan, pengamanan malam Natal dan ibadah Natal dijaga karena PBB tidak ingin pada saat perayaan ibadah tersebut ada upaya kelompok tertentu melakukan perbuatan yang tidak diiginkan.

“Tentu jangan sampai lengah, karena itu penting mensuport tugas polisi dengan ikut berpartisipasi menjaga keamanan ibadah Natal,” harapnya.

Menurut dia, dalam pengamanan bukan hanya anggota biasa saja yang  dikerahkan tetapi seluruh pengurus dari tingkat Ranting hingga DPD PBB DKI dikerahkan. “Jadi semua dilibatkan di setiap gereja, para pengurus harus memberikan contoh,”terang Siringo-ringo.

Terpisah, di gereja HKBP Pasar Rebo, tampak Humas DPD PBB DKI Jakarta Joice Panjaitan ikut terlibat berjaga dalam pengamanan. Joice akui dirinya harus mengorbankan bersama keluarga untuk merayakan Natal. Namun demikian, Joice dengan sukacita sukarela ikut terlibat keamana Natal bersama dengan Ormas lainnya seperti Pemuda Pancasila (PP) dan aparat Polri, Babinkantibmas dan Babinsa.

Sementara, Ketua PAC PBB Cipayung, Jakarta Timur, Rio Hutagaol mengaku kebagian tugas menjaga keamanan ibadah malam Natal di gereja HKBP TMII Cipayung, Jakarta Timur.

“Ya, kalau menjadi ketua bukan tidur-tiduran, tapi harus memberi contoh kepada anggota,” ungkap Rio Hutagaol di lokasi pos keamanan yang disediakan gereja, Jumat (24/12/2021).

Di Jakarta Utara tampak Ketua Ranting Rawa Badak Utara, Koja, Ranto Tambunan bersama anggotanya berjaga di Gereja Katholik Fransiskus Xaverius Tg.Priok.

PBB Bersama Dirbinmas Polda Metrokaya Kombes Pol. Badya W, Kapolres Koja, Lurah Rawa Badak Utara.

“Di sini ada Dirbinmas Polda Metrokaya Kombes Pol. Badya W, Kapolres Koja, Lurah Rawa Badak Utara dan aparat lainnya,” kata Ranto Tambunan di lokasi gereja Katholik Fransiskus Xaverius, Jumat (24/12/2021) malam.

Merespon partisipasi PBB tersebut, salah seorang jemaat, Junita Nainggolan mengatakan, sangat mengapresiasi apa yang dilakukan anggota PBB yang mau terlibat dalam pengamanan Natal.

“Ini ibadah pertama kali dibuka, walau pun pandemi belum berlalu. Adanya PBB ikut pengamanan ibadah Natal suatu yang patut diapresiasi. Aksi nyata PBB adalah ketika ada warga, khususnya orang Batak pasti ada di tempat ikut menjaga dan mengantar sampai ke tempat pemakaman,”kata Junita. (ARP/Ral)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan