Ini Hasil Pembicaraan Dari Kunjungan PKS ke PGI

Iklan Kominfo
IKLAN BPK PENABUR

Jakarta, majalahspektrum.com – PIMPINAN Partai Politik (Parpol) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) datang berkunjung ke kantor pusat Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Grha Oikumene, jalan Salemba Raya, Nomor 20, Jakarta, pada Rabu (11/12/2019) petang.

Presiden PKS, Sohibul Iman tampak memasuki ruang pertemuan pimpinan PGI di lantai 2 didampingi Sekjend PKS, Mustafa Kamal dan rombongan pukul 15:00 WIB.

Usai pertemuan tertutup, kedua belah pihak menggelar konferensi pers untuk menginformasikan hasil pertemuan tersebut.

Presiden PKS, Sohibul Iman mengatakan, pihaknya datang berkunjung ke PGI dalam rangka silaturahmi kebangsaan.

“Kunjungan ini sudah lama direncanakan. Setelah ke PGI, kami berencana mengunjungi Muhamadiyah. Kita berharap ada kunjungan balasan dari PGI datang ke kantor PKS. Sudah ada permintaan kunjungan juga dari suatu lembaga keagamaan ke kantor PKS,” kata Sohibul.

Menurut Sohibul, dalam pertemuan tersebut membicarakan sikap-sikap kebangsaan dan kemasyarakatan. PKS, kata dia, menyadari perlunya sinergi dan kebersamaan dalam keberagaman.

“Karena memang Indonesia itu sangat beragam suku, adat dan agama. Itu sudah begitu dari dahulu hingga saat ini dan tidak bisa diubah. Kita perlu bersinergi dalam perbedaan, antara PKS dengan PGI sudah pasti berbeda, tetapi bisa bersinergi untuk membangun bangsa” ujarnya.

Baca Juga: ( Anies Menilai Jakarta Christmas Festival Sebagai Perayaan Kebersamaan Dalam Keberagaman )

Diungkapkan Sohibul, pertemuan ini merupakan jalinan komunikasi awal dan akan ada komunikasi lanjutan bahkan kerjasama program.

“Pemuda PGI kan suka bikin acara kereta kebangsaan lintas agama, nanti pemuda PKS bisa bergabung,” tuturnya.

Diungkapkan Sohibul, banyak kesamaan pandangan di balik perbedaan yang ada antara PKS dengan PGI.

“Dalam membangun bangsa, bukan hanya Parpol yang berperan tetapi juga ormas keagamaan. Oleh karena itu perlu bersinergi untuk mengatasi persoalan yang berpotensi memecahbelah bangsa,” jelasnya.

Sementara, Ketua Umum PGI demisioner, Pdt, Dr, Henriette H Lebang mengaku sukacita dan supprise atas kunjungan PKS ke PGI. Pasalnya, ini adalah kunjungan PKS yang pertama kali ke PGI.

“Saya sangat menghargai kunjungan PKS ke PGI. Karena memang sesungguhnya kita membutuhkan satu dengan yang lain untuk menguatkan,” kata Henriette.

Dikatakan Henriette, PGI terbuka untuk kerjasama dengan siapa saja termasuk PKS.

“Kita (PGI) sangat terbuka untuk kerjasama lintas budaya dan agama, yang tentunya mempunyai niat baik untuk bangsa,” ungkapnya.

Selaras dengan Henriette, Sekum PGI, yang baru saja terpilih sebagai Ketum PGI yang baru hasil Sidang Raya, Pdt, Gomar Gultom, M.Th menambahkan, kerjasama dengan PKS misalnya bisa dilakukan dalam soal legislasi, baik di tingkat pusat maupun daerah.

“PGI bisa menitipkan pesan kepada PKS terkait legislasi, misalnya legislasi daerah dimana PKS memilik kursi banyak atau yang kepala daerahnya dari PKS,” kata Gomar.

Sekedar informasi, serah terima jabatan pimpinan PGI baru akan dilakukan pada besok hari, Kamis (12/12/2019) di HKBP Puloasem pukul 17:00 WIB.

Turut hadir dari DPP PKS  dalam silaturahmi tersebut; Bendahara Umum PKS, Mahfudzi Abdurrahman, 2 orang Anggota Fraksi PKS DPR RI dan 5 orang Pengurus DPP PKS dari beberapa bidang. (ARP)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan