Pesan Frans Ansanay Kepada Wartawan Kristen di HUT Ke-17 PERWAMKI Bagi Gereja Juga Bangsa

Jakarta, majalahspektrum.com – KETUA Majelis Tinggi Sinode Gereja Kristen Setia Indonesia (GKSI) yang juga Ketua Sekolah Tinggi Teologia Injili Jakarta (STTIJA), Frans Ansanay, S.H, M.Pd berharap wartawan kristen dapat berkontribusi positif bagi warga Kristiani, Gereja dan Bangsa.

Hal itu dikatakan Frans dalam rangka menyambut hari jadi Ke-17 Perkumpulan Wartawan Media Kristiani Indonesia (PERWAMKI) yang jatuh bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober.

“Jaga kode etik jurnalistik dengan pemberitaan yang berimbang tanpa keberpihakan, Peran oikumenis harus dikedepankan dan terdepan membela kepentingan bangsa, khususnya terhadap Pancasila dan UUD’45. Pelihara toleransi dan tolak radikalisme,” pesan Frans yang juga tokoh Papua, Ketua Bamus Adat Papua-Papua Barat ini, di Jakarta, Jumat (30/10/2020).

Sebagai lembaga organisasi kemasyarakatan, Frans berharap PERWAMKI menjadi organisasi kewartawanan kristen yang terbuka dan transparan, memancarkan terang Kristus dan mau “Pikul Salib” sebagai dasar panggilan tugas orang kristiani.

“Hindari perselisihan dan polemik yang merugikan organisasi,” imbaunya.

Ke depan, Frans berharap wartawan atau media-media kristen, khususnya yang tergabung dalam PERWAMKI tidak hanya menyoroti (memberitakan) masalah gereja dan kekristenan tetapi juga masalah bangsa dan negara.

“Selamat Ulang Tahun PERWAMKI yang ke-17, sukses selalu, semakin maju dan solid, dapat menjadi ‘Terang dan Garam’ di tengah kehidupan Gereja, bangsa dan Negara. Tuhan Yesus Memberkati,” tutupnya.

Untuk diketahui, dalam rangka HUT-nya yang ke-17, PERWAMKI menggelar serangkaian kegiatan diantaranya “Pelatihan Jurnalistik” dan Diskusi bertajuk “Persekusi terhadap Umat Kristen, Mengiba atau Melawan” yang berlangsung secara webinar (zoom meeting). Hal itu dikarenakan pemberlakuan PSBB pandemi Corona (Covid-19) di Jakarta.

Perayaan puncak HUT Ke-17 PERWAMKI sendiri akan digelar bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, Selasa, 10 November 2020, Pukul 17.00 WIB, di Hotel Aviary, Bintaro, Tangerang Selatan.

Dibalut tema besar “Bergeming ditengah Pandemi”, dalam perayaan puncak HUT tersebut, PERWAMKI secara khusus akan memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh, baik Kristen maupun non kristen, yang dianggap berkontribusi bagi dunia jurnalistik, Gereja dan Bangsa.

Masih di perayaan puncak HUT tersebut, PERWAMKI akan Meluncurkan Buku bertema; Makna Kehadiran Jurnalis dan Profesional Kristen di Indonesia” dan Peluncuran lagu “Mars Perwamki”. Acara lainnya akan ada Orasi Budaya, Potong Tumpeng HUT, Pagelaran Tarian Etnik Indonesia dan Musikalis Puisi. (ARP)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan