HKBP Harapan Jaya Bekasi Akan Dilayani Pendeta Ber-Cinderamata 170 Juta

gbi shalom

Jakarta, majalahspektrum.com – DALAM surat temu pisah preases yang dikeluarkan kantor Distrik XVIII Jabartengdiy yang beredar diketahui preases demisioner, Pdt, Dannred W Siregar, S.Th, MA akan dipindah tugaskan menjadi pendeta di HKBP Ressort Harapan Jaya Bekasi. Ke HKBP ressort Harapan Jaya Bekasi, Pdt, Dannred Siregar rencananya akan membawa cinderamata sebesar 170 juta rupiah.

Dalam proposal acara Serah Terima jabatan dari preases lama, Pdt, Dannred Siregar ke Preases yang baru saja terpilih dan mendapat tugas di HKBP Distrik XVIII Jabartengdiy, Pdt, Pahala Sitorus, S.Th tertulis ada anggaran cinderamata untuk preases lama sebesar 170 juta dari total proposal sebesar 209 juta rupiah.

Proposal acara “Temu Pisah” Preases HKBP Distrik XVIII Jabartengdiy yang beredar di media social mendapat kritik tajam dari netizen kebanyakan warga jemaat HKBP. Pasalnya, selain biaya atau anggaran yang terbilang fantastis, bikin miris di tengah krisis akibat dampak pandemic virus corona, terdapat beberapa pos anggaran yang dinilai janggal, terkesan mengada-ngada dan pemborosan yang tidak perlu.

Beberapa pos anggaran dalam proposal yang ditandatangani Ketua Panitia, Pdt, Jasson Simanjuntak, S.Th, MM tersebut di antaranya; Biaya Penginapan Praeses Baru Rp 15,000,000, Cinderamata Untuk Praeses Pdt. Dannerd Siregar Rp 170,000,000, biaya Transportasi Namangojakhon Ulos Rp 3,000,000  ∙ dan Biaya Tak Terduga Rp 8,000,000.

“Apakah semua pendeta HKBP ini tak punya hati nurani ya…, sudah banyak saya dengar info biaya temu pisah preases di berbagai distrik menelan biaya yang besar, jumlah fantastik untuk cinderamata sang preases lama. Mirisnya, mereka kerap pakai jurus ngeles (alasan) itu persembahan kasih, hamuliateon dari jemaat. Kesannya sukarela padahal maksa. Maksa karena dengan resmi keluarkan surat resmi dan ditarget sumbangan dari tiap-tiap gereja resort yang ada di distrik tersebut. Semoga ke depan tak ada lagi pendeta HKBP bermental seperti ini kalau tak mau ditinggal jemaatnya,” ungkap Juni Hutagaol dalam cuitannya di medsos WhatsApp, Jumat (3/1/2021).

“Cie,,cie,, HKBP Harapan Jaya Bekasi akan dilayani pendeta ber-cinderamata 170 juta nih ye… kalau nanti sudah selesai tugas di sana, jemaat HKBP Harapan Jaya Bekasi mau kasih cinderamata berapa ke Pdt, Dannred Siregar?, jangan mau kalah ya dari distrik Jabartengdiy, he,he,,” sambung Juni lagi.

Baca Juga : ( Biaya Pisah Sambut Preases HKBP di Sejumlah Distrik Disoal, Biaya Fantastis Bikin Miris di Tengah Krisis )

Diketahui, dalam surat edaran dan proposal tersebut tertera Daftar Tumpak (sumbangan) gereja-gereja HKBP Ressort yang ada di di wilayah distrik XVIII Jabartegdiy untuk  acara temu pisah preases tersebut. Ada 20 gereja resort di distrik itu dengan jumlah tumpak paling besar Rp, 12 juta dan paling  rendah Rp 2 juta. Sumbangan tersebut diminta ditransfer ke rekening BNI panitia atas nama Bendahara Panitia, St, Rizal Hutabarat, S.H

Acara temu pisah tersebut rencananya bakal digelar pada, Minggu (17/1/2021) di gedung HKBP Resst. Bandung Riau, Jalan R.E Martadinata, Jawa Barat. (RED)

 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan