Peringati HTBS, YPJ Gandeng Media Pers Eliminasi TBC di Indonesia

gbi shalom

Jakarta, majalahspektrum.com – GUNA Memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) Tahun 2022, Yayasan Pesona Jakarta (YPJ) menggelar serangkaian kegiatan melibatkan insane media persuntuk lebih berperan dalam mengeliminasi TBC di Indonesia. Kegiatan YPJ didukung oleh Stop TB Partnership Indonesia (STPI), sebuah lembaga yang konsisten mendukung upaya Indonesia mengatasi epidemic Tuberkulosis.

Serangkaian kegiatan itu diantaranya; Diskusi para pakar dengan Editor /Redaksi media untuk membahas mengenai strategi peliputan dan pemberitaan TBC di Indonesia . Liputan yang dilakukan dalam rangkaian kegiatan kali ini berfokus pada media local di provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat.

“Media akan didampingi sehingga hasil liputannya lebih akurat dan mengena dalam menyebarkan informasi penangnan TBC,” kata Philip Artga Sena dari YPJ di Hotel Ibis, Jakarta Pusat, Jumat (16/3/2022).

Menurut YPJ melalui siaran pers-nya yang diterima redaksi, kegiatan pelibatan media pers tersebut dalam bentuk pelatihan dan pendampingan akan berlangsung hingga bulan Juni 2022 mendatang. Tujuan utama kegiatan itu adalah terjadinya perubahan perilaku, perubahan kebijakan yang mendukung eliminasi TBC dan peningkatan kesadaran masyarakat tentang bahaya TBC.

HTBS 2022 yang jatuh pada Tanggal, 24 Maret mengangkat tema “Investasi untuk Eliminasi TBC, Selamatkan Bangsa”. HTBS merupakan sebuah peringatan agar masyarakat sadar bahwa TBC sebagai salah satu masalah kesehatan masyarakat.

Untuk diketahui, data WHO 2021 menyebutkan bahwa Indonesia menjadi Negara dengan beban penyakit Tuborkulosis (TBC) terbesar ketiga seduinia setelah China dan India dengan estimasi 824.000 jumlah kasus dengan kematian sebanyak 13.110. Sementara data Kemensos RI menunjukan cakupan pengobatan TBC secara nasional mengalami penurunan dari 67% di Tahun 2019 menjadi 47% di tahun 2020. Adanya Pandemi Covid-19 dalam 2 tahun terakhir menyebabkan upaya penanggulangan TBC mengalami hambatan yang signifikan. (ARP)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan