Gelar Paskah Raya, Ini Karakter Pemimpin RI yang Didoakan Jemaat GKSI

Jakarta, majalahspektrum.com – SINODE Gereja Kristen Setia Indonesia (GKSI) yang ada di seluruh wilayah Indonesia menggelar Perayaan Paskah dengan mengngkat tema yang serentak yakni; “Ia telah Mendahului kamu ke Galilea, Jangan Takut” (Matius 28 : 7 dan 10).

Demikian halnya Badan Pengurus Wilayah (BPW) Jabodetabek menggelar Ibadah Raya Paskah di Gedung Sejahtera, Pondok Gede, Jakarta Timur, Sabtu, 29 April 2023.

Ketua BPW GKSI Jabodetabek, Frans Ansanay, S.H, M.Pd mengatakan tujuan digelarnya Paskah Raya GKSI se-Jabodetabek, pun 17 BPW GKSI yang lain yang ada di Indonesia adalah; Membangun semangat hidup di tengah-tengah pergolakan dunia yang cenderung membuat putus asa, kebimbangan dan kesuraman.

“Mengajak jemaat jangan takut dengan mengandalkan kekuatan iman,” kata Frans.

Ketua BPW Sinode GKSI Jabodetabek, Frans Ansanay, S.H, M.Pd

Hal lainnya, lanjut Frans, memberitahukan kepada jemaat untuk tidak terpancing dengan hiruk-pikuk politik jelang pemilu 2024.

“Situasi politik saat ini condong tarik-menarik yang membuat kehidupan tidak nyaman, karena itu lewat Paskah ini semua tenang, berdoa supaya Tuhan memberi pemimpin yang memimpin dengan Adil dan berdiri di atas Kebenaran sehingga ruang-ruang demokrasi itu tidak dimonopoli oleh pihak-pihak tertentu, apalagi umat Kristen yang dianggap minoritas,” terang Frans yang juga Ketua Majelis Tinggi Sinode GKSI ini.

Menurut Frans, Republik Indonesia adalah milik bersama dengan tidak ada yang perlu mengklaim sebagai mayoritas-minoritas.

“Karena Negara Indonesia ini milik kita bersama, tidak ada itu mayoritas-minoritas. Oleh karena itu sebagai warga Negara dan warga Gereja, GKSI mengajak seluruh warga jemaat yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, lewat perayaan Paskah seperti ini semua mengarahkan diri untuk berdoa dan mengucap syukur dalam segala hal,” ajaknya.

“Mengucap syukur itu Jauh lebih penting sehingga kita mampu melewati tantangan ekonomi, kesulitan dalam keluarga, pekerjaan dan lainnya,” sambung Frans.

Lagi , menurut Frans, Perayaan Paskah ini sebagai momentum GKSI bertugas berdoa agar Tuhan memberikan pemimpin yang terbaik yang memimpin bangsa ini. “Kita juga mendoakan semua elemen bangsa, termasuk apakah itu dari kelompok radikal dan ektrimis,” ujarnya.

Pemimpin yang baik, kata Frans, juga mampu membangun kesetaraan dan kebersamaan sehingga tidak terjadi kelompok-kelompok yang mengklaim memiliki Negara ini. ”Sehingga itu mengganggu kehidupan keagamaan dalam keberagaman, khusunya umat Kristen,” tukasnya.

Saat ditanya siapa Capres yang dimaksud sesuai harapan warga jemaat GKSI, Frans mengatakan belum ada sosok Capres yang pasti yang akan didukung GKSI saat ini mengingat belum ada calon tetap yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Kita (GKSI) saat ini semoga ada Capres yang ditetapkan KPU sesuai dengan harapan GKSI. Bila sudah ada, saya sebagai Ketua Majelis Tinggi sinode GKSI akan memberikan instruksi kepada seluruh warga jemaat GKSI yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mendoakan, mendukung dan memilih Capres yang kita nilai pas dengan harapan kita tersebut,” beber Frans.

Frans mengaku bersyukur atas renungan lhotbah yang dibawakan oleh Ketum PGI, Pdt, Gomar Gultom, M.Th dalam Paskah Raya GKSI se-Jabodetabek itu. Dalam renungan khotbahnya, Gomar dinilai telah membangkitkan semangat hidup dalam iman warga gereja GKSI, bertahan mengahadapi hiruk-pikuk dunia, khususnya menjelang Pemilu 2024.

Baca Juga : ( Pesan Ketum PGI di Paskah Raya Sinode GKSI se-Jabodetabek di-Amini Jemaat )

Khotbah Ibadah Raya Paskah GKSI se-Kabodetabek oleh Ketum PGI, Pdt, Gomar Gultom, M.Th

“Saya kira ini poin penting dari khotbah Ketum PGI, Memberi spirit atau semangat bagi warga jemaat GKSI. Ada 17 BPW GKSI se-Indonesia bersama menrayakan paskah dengan spirit yang sama.

Ketua BPW GKSI Jabodetabek, Frans Ansanay Memberikan hadiah Lomba Tari Kreatif kepada para juara

Baca Juga : (Puluhan Pendeta Joget “Tobelo” di Semarak Paskah Raya GKSI se-Jabodetabek )

Usai Ibadah Raya Paskah itu, digelar Gebyar Paskah dengan Ragam perlombaan seperti; Mencari Telur, Mewarnai, Pesan Berantai, Standup Commedy, Kesehatian Suami-Isteri dan Lomba Joget lagu “Tobelo”, “Gemu Fa Mi Re” dan Poco-poco”. Perlombaan diikuti seluruh jemaat perwakilan dari 22 jemaat GKSI yang ada se-Jabodetabek, mulai dari anak-anak hingga orangtua.

Penampilan Juara 1 Tari Kreatif /Joget Tobelo, Maumere dari GKSI Diaspora

Adapun pemenang lomba tari kreatif atau joget pada Gebyar Paskah itu yakni; Juara 1 dari GKSI Diaspora Kp.Makasar, Juara 2 GKSI Imanuel dan  Juara 3 GKSI Filea. (ARP)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan