Bona Taon Panjaitan, Lestarikan Budaya Perkuat Tali Persaudaraan dan Berkarya

Iklan Kominfo
IKLAN BPK PENABUR

Jakarta, majalah spektrum.com – TEPAT 60 Tahun terbentuknya Pungutan  Panjaitan Dohot Boruna (Marpadotbe) se-Jabodetabek berdiri dirayakan pada Partangiangan Bona Taon (Kebaktian syukur awal tahun) 2019 di Tenis Indoor, Senayan, Minggu (27/1/2019).

Hadir tokoh-tokoh Panjaitan seperti; Menko Maritim, Luhut Binsar Panjaitan, Sekjend Partai Demokrat, Hinca Panjaitan, Keluarga D.I Panjaitan dan lainnya. Dalam kata sambutannya, Ketua Panitia, Bernard Panjaitan berharap melalui acara ini para remaja dan pemuda marga Panjaitan untuk termotivasi menumbuh kembangkan budaya Batak.

“Karena budaya kita sangat kaya dan dikagumi dunia karena kita memiliki bahasa, adat, aksara dan alat musik serta pakaian adat,” katanya. 

“Seorang filosof mengatakan ‘Bangsa Yang Besar adalah Bangsa yang Menghormati Pahlawannya, suku yang besar adalah yang mencintai bahasa dan budayanya,” sambung Bernard.Bernard juga berharap generasi muda Panjaitan semangat belajar sehingga dapat lebih baik dari generasi saat ini. 

Sementara, Sekretaris panitia Bona taon, Hulman Panjaitan, S.H, M.H mengatakan dalam usianya yang 60 tahun Panjaitan sudah banyak berbuat untuk bangsa dan negara. 

“Sudah menjadi berkat bagi semua orang. Lihat keturunan panjaitan yang berjasa bagi negara, ada pahlawan revolusi Jend. DI. Panjaitan. Disusul beberapa Jenderal lain diantaranya, Sintong Panjaitan, Luhut Binsar Panjaitan yang juga menko kemaritiman. Ada Basaria Panjaitan di KPK. Ada Hinca Panjaitan yang juga Sekjen Partai Demokrat. Ada Trimedya Panjaitan dan lainnya,” tutur Dekan FH-UKI ini.

Menurut Hulman, acara bona taon tersebut dihadiri lebih dari 600 orang turunan panjaitan. 

“Sesuai mars Panjaitan. Panjaitan adalah satu. Saling bergandeng tangan menuju masa depan yang lebih baik. Pesta ini terlaksana tidak terlepas dari solidnya Panjaitan yang murah hati,” ungkapnya.

Dalam kesempatannya yang, Ketua Umum Panjaitan Sejabodetabek Periode XXVI Karim Panjaitan, mengungkapkan saat ini Pungutan Panjaitan memiliki kas 1,3 miliar rupiah yang akan digunakan untuk membangun kantor sekretariat dan SDM anggota, khususnya generasi muda.

Sementara itu, Menko Maritim, Jenderal (Purn) Luhut B Panjaitan meminta keluarga besar marga Panjaitan yang hadir untuk berperan aktif membangun kampung halaman. 

“Berilah nasehat atau arahan kepada saudara-saudara kita di kampung untuk bersikap ramah kepada turis, hidup bersih dan mempermudah pemerintah dalam upaya membangun pariwisata danau toba,” harapnya. 

Menurut Luhut, pembangunan di kampung halaman, khususnya kawasan danau Toba berkembang pesat. Jumlah turis semakin banyak. 

“Sekarang sudah ada 2 bandara yakni Silangit dan Dibisa. Di Humbahas perkebunan berkembang, jeruk terbaik ada di sana. Di Humbahas juga sudah banyak tanam jagung,” bebernya. (ARP)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan