Telah Dibuktikan, ITHB Kampus Dengan Prioritas Pembentukan Karakter

Bandung, majalahspektrum.com – Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) Bandung, Jawa Barat (Jabar) telah membuktikan diri sebagai sekolah tinggi yang mengutamakan pendidikan karakter bagi lulusannya. Hal itu dibuktikan lewat juplikan video beberapa contoh mahasiswa yang telah lulus dan menorehkan prestasi kinerja di perusahaan atau instansi tempat dimana mereka bekerja di acara Pelantikan Penerima Bea Siswa ITHB 2019, Kamis (15/8/2019).

Dengan motto; “Karier Global. Jalur Cepat, ITHB Bandung telah menghasilkan ribuan lulusan yang sukses bekerja dan berkarier di berbagai perusahaan nasional maupun internasional serta di instansi dan perusahaan milik Negara karena karakter yang dimikinya.

ITHB didirikan pada tahun 2002 di bawah naungan Yayasan Petra Harapan Bangsa. Visi ITHB adalah menjadi perguruan tinggi yang dikenal dalam skala regional sebagai lembaga yang mendidik pemimpin masa depan yang memiliki potensi berstandar global, karakter unggul, dan komitmen pada panggilan untuk membawa perubahan positif di tengah masyarakat dan Bangsa.

Ketua Yayasan Petra Harapan Bangsa, Pdt, Dr, Bersih Tarigan mengatakan lulusan ITHB selain kemampuan akademis dan ketrampilan, utamanya adalah memiliki karakter yang baik.

“Di ITHB mengutamakan pendidikan karakter. Jadi pribadi yang pantang menyerah, jujur, kreatif dan bertanggungjawab yang semua itu karena didasari takut akan Tuhan,” kata Bersih Tarigan dalam sambutannya dalam acara pelantikan dan serah terima bantuanmahasiswa penerima bea siswa di aula kampus ITHB, jalan Dipati Ukur No.80-84, Bandung, Jabar, Kamis (15/8/2019).

Dilansir dari laman ithb.ac.id, ITHB memiliki misi menyelenggarakan pendidikan tinggi yang relevan dengan kebutuhan industry,  menyebarluaskan penelitian yang relevan untuk mendukung pembangunan, menyelenggarakan program pengabdian masyarakat yang menjawab kebutuhan masyarakat, Menyelenggarakan pelayanan rohani untuk mempersiapkan calon pemimpin yang berkomitmen untuk menjadi terang bagi bangsa dan Menghasilkan lulusan yang berani menegakkan kebenaran, dan lulusan Kristen yang mampu menjadi garam dan terang Kristus melalui profesinya masing-masing.

“Dibutuhkan generasi yang berkarakter baik untuk pembangunan bangsa ini ke depan. Terpuruknya suatu bangsa karena warganya memiliki karakter yang buruk. Pengetahuan dan skill penting, tetapi jauh lebih penting pembentukan karakter yang baik,” tegas Bersih Tarigan.

Sementara itu, Rektor ITHB, Dr. Samuel Tarigan. MBA mengatakan penilain kepada mahasiswa utamanya dari prilaku dan tanggungjawab.

“Di sini (ITHB), komunikasi antara dosen dan mahasiswa sangat mudah aktif. Kalian silahkan lihat dan membuktikan sendiri perilaku mahasiswa di sini, mereka sangat sopan dan santun. Di sisni mereka diajar untuk punya kepekaan terhadap lingkungan, contohnya, mereka bersihkan sendiri ruang belajar dan pungut buang sampah yang mereka temui,” terang Samuel kepada awak wartawan yang tergabung dalam Perkumpulan Wartawan Media Kristiani Indonesia (PERWAMKI) di gedung aula ITHB, jalan Dipati Ukur, No.80-84, Bandung, Jabar, Kamis (25/8/2019).

Diungkapkan Samuel, ada program bea siswa kepada mahasiswa dari jalur “Gerakan Gereja Belajar” dan Jalur Prestasi Olah Raga. Untuk mendapatkan bea siswa tersebut tidaklah mudah, hal utama yang menjadi penilaian adalah karakter dan kepribadian mahasiswa.

“Untuk jalur Gerakan Gereja Belajar ada rekomendasi dari gereja asal mereka, utamanya bagi yang aktif pelayanan di gereja. Kita (ITHB) menerima calon mahasiswa peraih bea siswa dari berbagai denominasi gereja,” jelasnya.

Baca Juga; ( Mahasiswa dari 39 Denominasi Gereja Dapat Bea Siswa GGB di ITHB )

Beberapa contoh mahasiswa lulusan ITHB yang berprestasi di kariernya antara lain; Fellicia mahasiswa tahun 2017 jurusan Media dan Internet Teknologi (MIT)  juara 1 Nasional Innovation 2018, 3 orang mahasiswi magang di Pelindo Tanjung Priok yang dipertahankan untuk dipekerjakan, Kevin Juan berprestasi di IndoOne  (Authorized Distributor Exon Mobil) dan  Kevin Owen yang terpilih mengikuti Google Could 2018 di Malaysia.

“Felicia masuk tahun 2017 belajar tak sampai setahun sudah berprestasi di tahun 2018, Owen jadi salah satu yang terpilih dari ribuan pesaing dari berbagai kampus di dunia ikut Google could 2018 di Malaysia. Tim basket  ‘Arrows’ ITHB baru-baru ini juara nasional,” ungkapnya.

“Ada 11 mahasiswa peraih bea siswa dari jalur prestasi olah raga. Nah prestasi dari kakak angkatan (alumni dan senior), diharapkan memberikan inspirasi positif terhadap adik angkatan, sehingga memacu mereka dalam mencapai prestasi akademik maupun non akademik,” tutup Samuel. (ARP)

 

 

 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan