Breaking News!

SR XVII PGI- HKBP Yakin Tidak Ada Pihak Luar Yang Bisa Pengaruhi Pilihan Pimpinan Sinode

Sumba Timur, NTT, majalahspektrum.com – KETUA Delegasi sinode gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), Pdt, Dr, Martonggo Sitinjak mengatakan dirinya yakin tidak ada pihak luar yang dapat mempengaruhi pilihan pimpinan sinode gereja dalam kontestasi pemilihan Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) pada Sidang Raya (SR) XVII PGI 2019 Sumba, NTT.

“Biasanya itu para pemegang suara per sinode gereja sudah ada pilihan jauh hari. Jadi tidak mungkin atau tidak bisa dipengaruhi pihak dari luar,” kata Martonggo yang juga Kepala Departemen Koinonia Pusat HKBP ini di arena sidang SR XVII PGI 2019, Sumba Timur, NTT, Sabtu (9/11/2019).

Keyakinan Martonggo tersebut karena dia menilai para pimpinan sinode gereja (pemegang hak suara) di SR PGI adalah orang-orang yang punya komitmen kuat tidak dapat dipengaruhi atau beralih dukungan sebelumnya, apalagi dari pihak luar yang bukan anggota atau pemegang hak suara pilih di PGI.

“Mereka tahu memilih siapa, yakni orang yang sudah punya pengalaman dan perjalanan panjang di PGI menduduki jabatan strategis dan orang tersebut sudah sepantasnyalah menjadi Ketum PGI,” jelasnya.

Baca Juga : ( SR XVII PGI- LBP: Gereja Harus Upgrade dan Refresh Pendetanya )

Terkait beredarnya isu bahwa HKBP mengeluarkan 2 rekomendasi untuk posisi 2 jabatan di PGI, Martonggo secara tegas membantah hal itu.

“Tidak benar itu. HKBP hanya memberikan 1 rekomendasi yaitu kepada Pdt, Gomar Gultom untuk posisi Ketum PGI. Tidak ‘fair’ kalo ada sinode mengeluarkan 2 rekomendasi. Bayangkan kalau 91 sinode di PGI semuanya mengeluarkan 2 rekomendasi, sudah tidak oikumenis dan tidak ada kebersamaan lagi,” ungkapnya.

Diketahui, sinode HKBP pada SR XVII PGI Sumba 2019 mencalonkan Pdt, Gomar Gultom untuk menjadi Ketum PGI. Gomar yang saat ini menjabat sebagai Sekum PGI sudah menjalani perjalanan panjang sebagai Majelis Pengurus Harian (MPH) PGI. Gomar tercatat 2 kali periode sebagai Sekum dan 1 kali periode menjabat sebagai Wakil Sekum.

Baca Juga : ( Dihadiahi Kuda Putih, Ini Pesan Presiden Jokowi Kepada Gereja )

Selain Martonggo, turut hadir pimpinan pusat HKBP pada SR XVII PGI Sumba 2019 diantaranya; Sekjend HKBP Pdt, Dr, David Sibuea dan Ephorus HKBP Pdt, Dr, Darwin Lumbantobing yang rencananya tiba pada Senin (11/11/2019). Kepemimpinan di HKBP sendiri bersifat kolegial, ada 5 pimpinan yang diketuai oleh Ephorus. (ARP)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: