Kelompok Gerakan Transformasi HKBP Desak Pdt, Daniel Harahap Jadi Sekjend?

Iklan Kominfo
IKLAN BPK PENABUR
Pdt, Daniel T Harahap, M.Th dan isteri, dr, Marta br.Siregar, SpK.K

Jakarta, majalahspektrum.com – SEKELOMPOK warga jemaat gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) yang menamakan dirinya kelompok Gerakan Transformasi HKBP mendesak Pdt, Daniel Taruli Asi Harahap, M.Th untuk bersedia dicalonkan menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjend) HKBP periode 2020-2025, pada Sinode Godang HKBP yang akan berlangsung dari Tanggal 9 – 13 Desember 2020 (Rabu-Minggu), di Seminarium HKBP, Sipaholon, Tapanuli Utara, Sumut.

Pasalnya, hingga berita ini diturunkan, yang bersangkutan, Pdt, Daniel Harahap tidak ingin maju sebagai calon sekjend dengan alasan sudah dua kali Sinode Godang mencalonkan diri sebagai Sekjend HKBP (SG 2012 dan 2016).

“Beliau merasa lelah karena sudah dua kali gagal, namun kami tetap menginginkan amang Pdt, DTH (panggilan akrab Daniel Harahap) sebagai Sekjend karena beliau sosok yang pro perubahan, jujur dan berintegritas,” kata DR. Viator Butar-butar dari HKBP Distrik Riau melalui pesan WhatsApp-nya kepada majalahspektrum.com, Senin (7/12/2020).

Menurut dia, sejak 2012 kelompok jemaat yang menginginkan Perubahan di HKBP menginginkan Pdt, Daniel Harahap sebagai Sekjend HKBP tetapi gagal. Kegagalan itu menurut dia, bukan karena rekam jejak atau kepribadian Pdt, Daniel Harahap yang jelek tetapi karena faktor yang tidak mendasar.

“Ada 2 ‘Dosa’ Pdt, Daniel Harahap yang tidak bisa diterima oleh mayoritas peserta SG yang memiliki hak pilih yakni karena beliau (DTH) orang batak tapanuli selatan dan lulusan STT Jakarta bukan STT HKBP, Siantar. Ini khan alasan yang tidak mendasar dan rasis menurut saya. Makanya, janganlah kita menuding kelompok atau orang lain rasis padahal kita orang Kristen, khususnya batak ternyata juga rasis,” jelasnya.

DR, Viator Butarbutar

Sementara, menurut peserta Sinode Godang 2020 utusan Distrik Binjai Langkat, Maringan Silaban, S.H, berkeyakinan, jika Pdt, Daniel Harahap bersedia dicalonkan pada sinode godang kali ini, dirinya yakin Pdt, Daniel Harahap, MTh bakal terpilih menjadi Sekjend HKBP.

“Karena jumlah dan mekanisme yang menjadi peserta yang memiliki hak pilih sinode godang kali ini berbeda dengan sinode godang sebelumnya. Selain itu, banyak yang menjadi utusan sinode godang, baik dari unsur perwakilan jemaat maupun pendeta, yang pro perubahan menjadi peserta sinode godang kali ini,” terang Maringan kepada majalahspektrum.com melaluin sambungan seluler, Senin (7/12/2020).

Maringan Silaban, S.H peserta Sinode Godang HKBP 2020 dari Distrik Binjai Langkat

Diketahui, saat ini Pdt, Daniel  Harahap melayani sebagai pendeta resort di HKBP resort Balikpapan Baru, Kalimantan Timur, Distrik Borneo, dalam Sidang Sinode Distrik Borneo yang lalu, Pdt, Daniel Harahap, MTh terpilih atau dicalonkan oleh Distrik Borneo sebagai calon preases dan peserta utusan sinode godang dari unsur pendeta. Mendengar hal itu, sekelompok warga HKBP yang mengenal baik pribadi Pdt, Daniel Harahap menginginkan beliau menjadi calon Sekjend HKBP.

Senada dengan Viator dan Maringan, seorang peserta Sinode Godang lainnya, St, Simson Tampubolon, M.T utusan Sinode Godang dari Distrik Medan Aceh menyatakan bertekad mencalonkan Pdt, Daniel Harahap sebagai Sekjend HKBP.

St, Ir, Simson Tampubolon, M.T peserta Sinode Godang HKBP 2020 dari Distrik Medan-Aceh

“Kita tetap calonkan beliau sebagai Sekjend HKBP saat sidang sinode godang nanti, terserah beliau (DTH) bersedia atau tidak,” tegasnya.

“Yang penting kita sudah ungkapkan keinginan kita menjadikan figure-figure pendeta HKBP yang berkualitas dan berintegritas untuk menjadi pimpinan di HKBP,” sambungnya. (ARP)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan