Nasionalis Relijius, OKP Lintas Agama Dukung Ryano Panjaitan Jadi Ketum KNPI

Jakarta, majalahspektrum.com – DINILAI sebagai sosok yang nasionalis dan relijius, Ryano Panjaitan mendapat dukungan Organisasi Kepemudaan Nasional (OKP) lintas agama. Dari daftar absensi OKP yang hadir di malam deklarasi dukungan Ryano Panjaitan sebagai Ketum KNPI periode 2022-2025 terlihat sejumlah OKP dari lintas agama seperti PMII, Pemuda NU, Pemuda Muhamadiyah, GMKI, GAMKI, Pemuda Katolik, Budha, Hindu dan Konghucu.

Puluhan dukungan juga datang dari OKP etnis dan Pengurus DPD KNPI se-Indonesia.

“Saya kenal Ryano Panjaitan saat sama-sama di pesantren di Sulteng, dia dan saya sama-sama dapat bea siswa belajar di Universitas Al’Azar, Mesir. Dia sosok yang relijius dan nasionalis,” kata Ustad Ilham Jawas di Hotel Elia, Kwitang, Jakarta Pusat, Kamis (7/4/2022) malam.

Acara deklarasi dukungan Ryano Panjaitan menjadi Ketum KNPI 2022-2025 didahului dengan menyantuni 100 anak yatim, tausiah jelang buka puasa bersama, solat tarawih bersama dan hiburan stand up commedy dari komika Ephy Papua.

Dalam pidatonya, Ryano Panjaitan mengatakan dirinya merasa terpanggil untuk mendorong dunia bisnis kepada pemuda yang bernaung di organisasi kepemudaan. Dia bersyukur deklarasi ini mendapat dukungan dari berbagai elemen OKP yang membuat dirinya optimis menatap Kongres KNPI.

“Alhamdulillah sudah banyak temen-temen dari berbagai organisasi kepemudaan memberikan dukungan kepada saya. Ada dari Pemuda NU, Muhamadiyah, Katolik, Kristen, Hindu, Budha dan Konghusu. Ada juga dukungan dari berbagai pengurus KNPI daerah (DPD), Tentu dukungan ini menjadi kepercayaan yang saya harus jalankan dengan baik,” kata pemilik nama lengkap Muhammad Ryano Satrya Panjaitan ini.

Baca Juga : (130 OKP Dukung Ryano Panjaitan Jadi Ketum KNPI )

Misi utama Ryano Pandjaitan memang untuk menyatukan KNPI. Namun ada juga misi untuk memberikan dan mendorong pemuda agar tidak hanya tampil sebagai aktivis, melainkan juga bisa bergerak di dunia bisnis, dengan hastag visi #activistpreneur, sebuah ide untuk mendorong aktivis muda memiliki kemandirian ekonomi dan tidak sekadar mengejar politik kekuasaan/jabatan, yang berujung pada pragmatisme (politik transaksional).

“Saya ingin mendorong spirit pergerakan pemuda sebagai agen transformasi di era 4.0 menuju Society 5 0. Gagasan ini diharapkan jadi diskursus publik sebagai gagasan orisinilnya mendorong transformasi politik kekuasaan menuju politik kesejahteraan dalam memajukan Indonesia menuju se-abad Republik Indonesia di 2045,” jelasnya.

Ryano Panjaitan berharap Kongres Penyatuan KNPI kali ini dapat berlangsung secara fair dan berjalan dengan baik, sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan secara organisasi oleh DPP KNPI. Dirinya juga berharap semoga organisasi kepemudaan di tingkat nasional bersatu untuk menyukseskan kongres penyatuan tersebut.

“Kita harus menjadi pemuda yang kuat. Untuk mewujudkan itu kita harus bersatu, pemuda solid Indonesia bangkit,” tegasnya.

Diketahui, Kongres XVI Pemuda/KNPI akan diselenggarakan tanggal 8 hingga 10 April 2022 (Jumat-Minggu) di Hotel Sultan, Jakarta. Kongres akan dihadiri oleh seluruh OKP yang berhimpun di KNPI dan Seluruh DPD KNPI se-Indonesia. Kongres kali ini merupakan gabungan 3 versi kepemimpinan KNPI yang selama ini pecah. (ARP)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan