Sulitnya Cari Tempat Kost Bagi Mahasiswa Kristen di Depok

gbi shalom

Jakarta, majalahspektrum.com – SAAT anaknya diterima di Universitas Indonesia (UI), Mely (bukan nama sebenarnya) sangat gembira. Namun masalah datang saat ia ngin mencari tempat kost untuk anaknya. Pasalnya, setiap tempat kost yang didatangi, si pemilik kost-kostan menanyakan apa agama si calon pemyewa tempat kost.

“Kita bilang Kristen, si pemilik kost lalu bilang bahwa kamar kost penuh,” kata Mely kepada majalahspektrum.com, Kamis (11/8/2022).

Bayak sekali tempat kost di Kelurahan Kukusan, Depok tepatnya di belakang kampus UI, pada 5 bulan lalu kosong akibat perkuliahan di kampus UI berlangsung secara online atau daring. Namun saat penerimaan mahasiswa baru, perkuliahan dilakukan secara offline atau tatap muka, keadaan ini tentu saja membuat mahasiswa baru banyak yang harus tinggal ngekost.

Sayangnya, bagi mahasiswa baru beragama non muslim sangat sulit mencari tempat kost. Penyebabnya, si pemilik kost selalu menanyakan apa agama si calon penyewa kamar kost dan apabila beragama Kristen, si pemilik kost selalu mengatakan bahwa tempatnya sudah penuh.

Penasaran dengan informasi keluhan tersebut, majalahspektrum mendatangi wilayah tempat kost-kostan yang kerap menanyai agama apa yang dianut oleh calon penyewa kamar kost. Tentu saja yang dituju adalah tempat kost yang pemiliknya bukan non muslim.

Baca Juga : ( Politik dan Diskriminatif Kepala Daerah Jadikan Depok Sebagai Daerah Paling Intoleran se-Indonesia )

Ada 3 tempat kost yang dikunjungi majalahspektrum.com yang bertanya ke pemilik kost dengan menyamar sebagai orangtua yang ingin mencari tempat kost untuk anaknya. Ternyata benar saja, saat bertanya apakah ada tempat kost kosong, si pemilik melontarkan pertanyaan untuk siapa, agamanya apa?.

“Iya ada yang kosong ngak bu,?,” Tanya saya, “iya untuk siapa dulu pak, agamanya apa?,” jawab si pemilik kost, Minggu (14/82022) petang.

Tak mau berdebat akhirnya majalahspektrum meninggalkan lokasi. Di daerah itu memang ada pemukiman khusus muslim, “Perumahan Muslim“ The Orchid Regency. Pabtas saja kota Depok dianugerahi daerah paling intoleran se-Indonesia.

Di tempat itu, tempat kost untuk untuk pria dan wanita dipisah. Bagi mahasiswa penghuni kost wanita diwajibkan memakai hijab. Dari obrolan dengan penghuni kost, ternyata kepada mahasiswa tersebut dicekoki pemahaman agama Islam dari aliran tertentu.

Teramat banyak tempat kost khusus muslim di dekat kampus UI Depok, sebut saja; Mahdiyah Kost Muslimah, Kost Fadilah Kutek, Kost Beji pondok Muslimah dan lain-lain. (ARP)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan